Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Wanita Memiliki Perlindungan Lebih Baik terhadap Covid-19?

KOMPAS.com - Sejak dimulainya pandemi, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa Covid-19 memengaruhi pria lebih buruk daripada wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Virus corona baru tentu menjadi hal yang baru bagi para ilmuwan, dan mereka berusaha keras untuk memahami siapa yang paling berisiko.

Akan tetapi, satu hal yang ditemukan telah jelas sejak awal adalah bahwa pria berisiko lebih besar terkena penyakit serius akibat Covid-19.

“Pada awal Maret kami tertarik dengan laporan berita dari China yang menunjukkan kecenderungan jenis kelamin pria pada keparahan Covid-19, yang segera dikonfirmasi oleh data Italia yang menunjukkan hampir empat kali lipat lebih banyak pria dengan Covid-19 yang dirawat di fasilitas rawat inap, daripada perempuan,” kata Leanne Groban, MD, seorang peneliti di Wake Forest School of Medicine.

Menurut laporan bulan Juli 2020 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), secara global, lebih banyak pria daripada wanita yang meninggal karena Covid-19 di 41 dari 47 negara.

Rasio kasus kematian karena Covid-19 juga 2,4 kali lebih tinggi di kalangan pria daripada di kalangan wanita.

Di China, tingkat kematian Covid-19 di antara pria adalah 2,8 persen, dibandingkan dengan 1,7 persen di antara wanita.

Selain itu, Covid-19 lebih banyak menyerang orang kulit berwarna lebih gelap yang disebut terjadi karena peran ras.

Meskipun datanya tidak sempurna, tetapi dengan jelas terlihat bahwa pria lebih terpengaruh oleh Covid-19 daripada wanita.

Alasan pria mungkin lebih berisiko

“Seperti kebanyakan hal dalam kedokteran, alasan yang mendasari perbedaan gender dapat bergantung pada banyak faktor,“ kata Michelle DallaPiazza, MD, seorang profesor di departemen kedokteran di Sekolah Kedokteran Rutgers New Jersey.

Sebagian besar perbedaan mungkin terkait dengan faktor sosial dan perilaku berisiko. “Perbedaan dalam faktor sosial dan gaya hidup mencakup bahwa pria lebih cenderung menjadi perokok dan konsumen alkohol, yang meningkatkan risiko infeksi pernapasan,”” ujat Michelle.

Dr Groban juga percaya perilaku berisiko mungkin memainkan peran. Ditambah lagi, pria cenderung tidak mencari pertolongan medis saat dibutuhkan, padahal penundaan pengobatan ini dapat memperburuk hasil.

Beberapa laporan juga menunjukkan bahwa pria mungkin kurang terbiasa dalam mencuci tangan dan memakai masker, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko mereka.

Pria juga lebih cenderung memiliki kondisi medis lain yang menempatkan mereka pada risiko lebih besar untuk kasus serius Covid-19.

“Seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung,” kata kedua dokter tersebut.

Banyak dari teori ini didukung oleh bukti ilmiah, termasuk JACC: jurnal Case Reports dari American College of Cardiology.

Faktor biologis

Tetapi selain itu, mungkin ada beberapa alasan biologis bawaan, mengapa pria lebih mungkin terkena Covid-19.

Sebagian dari ini secara harafiah ada pada gen wanita yakni, kromosom X ekstra yang dimiliki, yang berisi banyak gen yang berhubungan dengan kekebalan.

Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu penjelasan untuk sistem kekebalan wanita yang tampaknya lebih kuat.

“Perbedaan dalam mekanisme pertahanan terhadap penyerang sel asing seperti Covid-19 ini disebut "imunitas bawaan," kata Dr. Groban.

Orang dengan dua kromosom X cenderung memiliki respons imunologis yang berbeda terhadap patogen virus.

“Yang berpotensi lebih kuat dan lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan badai peradangan yang merusak seperti pada Covid-19,” kata Dr. DallaPiazza.

Peran estrogen

Faktor biologis lain yang mungkin memegang kunci penting untuk misteri mengapa pria lebih rentan terhadap Covid-19 adalah hormon seks estrogen.

“Kami tahu dari virus lain bahwa perbedaan jenis kelamin dalam respons imun mungkin disebabkan oleh perbedaan hormonal. Pada wanita, estrogen dan progesteron mungkin melindungi, sementara testosteron pada pria mungkin menurunkan respons imun,” kata Dr. Groban.

Estrogen juga membantu melindungi wanita pramenopause dari peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung, dibandingkan dengan pria pada usia yang sama.

Terkait adanya simpang siur antara tingkat keparahan, jenis kelamin dan esterogen, pihaknya masih melakukan penelitian lebih lanjut.

“Kami memutuskan untuk meninjau studi hewan praklinis, termasuk beberapa dari tim kami, yang mungkin menjelaskan alasan potensial untuk hubungan ini,” kata Dr. Groban.

Enzim yang lebih tinggi pada pria

Dr Groban menerbitkan ulasan studi tentang perbedaan gender dan Covid-19 pada Agustus 2020 di jurnal Current Hypertension Reports.

Penelitiannya membawanya kepada enzim yang disebut ACE2, yang membantu pembuluh darah tetap rileks dan sehat, yang mampu melindungi dari penyakit jantung.

“Kami tahu dari beberapa studi klinis yang melibatkan pasien dengan penyakit kardiovaskular bahwa ACE2 mungkin lebih tinggi pada pria daripada wanita,” katanya.

“Juga, pada penelitian pada hewan yang melibatkan hipertensi [tekanan darah tinggi] atau penyakit ginjal, kadar ACE2 yang lebih tinggi dilaporkan pada jantung dan ginjal tikus jantan jika dibandingkan dengan tikus betina,” imbuhnya.

Meskipun ACE2 dapat menjadi pelindung dalam beberapa kondisi kronis, ACE2 juga merupakan reseptor untuk virus korona baru (disebut SARS-CoV-2).

“ACE2 ditemukan pada sel-sel yang melapisi permukaan dalam paru-paru, jantung, ginjal, testis, dan saluran pencernaan. Setelah virus menempel pada reseptor ACE2, ia dibawa ke dalam sel organ itu, yang merupakan kuncinya acara dalam infeksi, ”katanya.

Kadar ACE2 yang lebih tinggi meningkatkan infeksi virus korona, sedangkan penurunan ACE2 membantu menurunkan penyebaran virus di tubuh.

Bisakah estrogen melindungi?

Dr Groban mengatakan, ekstra kromosom X wanita dapat mengurangi ACE2, dan karenanya juga bisa mengurangi efek Covid-19.

"Studi dari kelompok kami menunjukkan bahwa terapi estrogen kronis menurunkan ACE2 di jaringan jantung dari hewan yang kekurangan estrogen," katanya.

Hasil serupa ditemukan pada hewan yang diobati dengan estrogen untuk masalah ginjal.

Ini mungkin berarti bahwa terapi estrogen menjanjikan untuk mengobati Covid-19 juga.

Dua uji klinis saat ini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Untuk memeriksa apakah pengobatan jangka pendek pasien Covid-19 pria dengan patch estrogen bermanfaat dalam meningkatkan respons sistem kekebalan, menurunkan ACE2, dan membatasi gejala infeksi Covid-19,” kata Dr. Groban.

Bagaimana dengan wanita pasca menopause?

Jika teori estrogen benar, itu bisa menjelaskan tingkat Covid-19 yang lebih tinggi di antara wanita yang telah mengalami menopause.

“Timbul pertanyaan, 'Mungkinkah peningkatan kerentanan terhadap Covid-19 di antara wanita yang lebih tua terkait dengan hilangnya perlindungan estrogen setelah menopause yang membuat mereka rentan terhadap keparahan penyakit Covid-19 dibandingkan pria?'” Kata Dr. Groban.

Ini bisa jadi bertanggung jawab atas peningkatan relatif dalam kematian terkait Covid-19 pada wanita yang lebih tua di dekade ketujuh hingga kedelapan kehidupan.

Hasil penelitian ini sebenarnya menarik, tetapi beberapa peneliti tidak yakin.

“Peran hormon seks mungkin terbatas, karena penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa wanita di atas 50 tahun, ketika mereka kemungkinan besar memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah, masih memiliki hasil yang lebih baik dengan Covid-19 bila dibandingkan dengan pria,” kata Dr. DallaPiazza.

"Dan di antara pria, hasil lebih buruk muncul pada mereka yang berusia yang lebih tua, meskipun pria yang lebih tua cenderung memiliki tingkat androgen (testosteron) yang lebih rendah,” imbuhnya.

Merawat pria dan wanita untuk Covid-19

Dr Groban mengatakan bahwa lebih banyak penelitian dan pengumpulan data yang diperlukan, termasuk obat hormon apa yang mungkin digunakan wanita.

Tetapi alasan yang paling mungkin untuk perbedaan jenis kelamin bukan hanya satu faktor saja.

“Pada akhirnya, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan penyebab yang mendasari perbedaan tersebut, termasuk penelitian ketat yang dapat menjelaskan banyak masalah sosial, budaya, dan perilaku. faktor-faktor yang mempengaruhi risiko Covid, "kata Dr. DallaPiazza.

Jika faktor biologis terlibat dalam pengaruh yang kuat pada perbedaan hasil kesehatan, penelitian tambahan akan diperlukan untuk mengetahui mekanisme yang tepat sebelum merekomendasikan perbedaan pengobatan berdasarkan jenis kelamin atau gender.

Untuk saat ini, katanya, saran dan pengobatan untuk Covid-19 sama untuk pria dan wanita.

Sementara para peneliti terus mencari tahu cara kerja Covid-19, baik pria maupun wanita harus mengikuti semua rekomendasi untuk menghindari virus, termasuk sering mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mempertahankan gaya hidup sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/11/080800720/mengapa-wanita-memiliki-perlindungan-lebih-baik-terhadap-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke