Salin Artikel

Jersey Ketiga Liverpool Terinspirasi Atmosfer Suporter di Anfield

KOMPAS.com - Nike merilis jersey ketiga bagi beberapa klub papan atas Eropa untuk musim 2020/2021, seperti Barcelona, Chelsea, Tottenham, dan banyak lagi.

Uniknya, pemilihan desain jersey ketiga untuk seluruh tim tersebut mengambil inspirasi dari jajaran sepatu Nike Air Max yang sudah rilis.

Barcelona, misalnya, mendapat jersey ketiga dengan corak warna pink/sea green, yang terinspirasi dari Nike Air Max 90.

Nah, kini label berlogo Swoosh itu membikin jersey ketiga klub Liverpool untuk musim 2020/2021, tentunya dengan inspirasi desain yang juga diambil dari corak warna Air Max.

Jersey ketiga Liverpool hadir dalam desain checkerboard "Anthracite" berwarna hitam, merujuk pada European Nights at Anfield.

European Nights at Anfield adalah atmosfer luar biasa yang terjadi di dalam stadion Liverpool, Anfield saat tim tersebut bertanding.

Gemuruh teriakan, chants (lagu) You'll Never Walk Alone, spanduk, dan bendera yang dibentangkan para pendukung The Reds --julukan Liverpool-- seolah membangkitkan semangat Mohamed Salah dkk.

Mantan pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, pernah mengatakan, jika atmosfer tersebut "seperti sengatan listrik yang mengejutkan para pemain Liverpool."

Kemudian, pola yang dipilih mengacu pada bendera yang digantung di tribun The Kop, salah satu tribun terkenal di Anfield yang diisi The Kopites, para suporter paling loyal yang setia mendukung Liverpool.

Dominasi hitam diimbangi oleh warna "Crimson Red" pada bagian samping jersey, garis leher, logo Nike di dada sebelah kanan, serta logo klub di dada sebelah kiri.

Warna putih terlihat pada sponsor klub di bagian tengah jersey. Kombinasi warna ini menyesuaikan corak warna Air Max 95 klasik dari arsip Nike.

Suporter

Dalam rangka memperkuat ikatan antara klub dan suporter Liverpool, Nike bekerja sama dengan kelompok suporter Spion Kop 1906, suporter lokal serta perancang busana Nadia Atique.

Mereka pun menjadi model yang memamerkan koleksi jersey ketiga Liverpool buatan Nike di jalanan kota Liverpool.

Nike VP of Football Apparel, Scott Munson, memberi tanggapan untuk peluncuran jersey ketiga Liverpool ini.

"Kami mendalami tradisi Liverpool yang sudah lama eksis dan berusaha menghidupkannya melalui sudut pandang kultur sneaker," ucap Munson.

"Kami terinspirasi atmosfer The Kop pada European Nights dan corak warna Air Max, kemudian memadukannya menjadi jersey ketiga klub."

Jersey ketiga Liverpool untuk musim 2020/2021 sudah dirilis di situs Nike dan akan dipasarkan lebih luas pada 15 September.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/12/090449120/jersey-ketiga-liverpool-terinspirasi-atmosfer-suporter-di-anfield

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.