Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Paling Efektif Bunuh Kuman

KOMPAS.com – Meski saat ini ada berbagai pilihan alternatif cuci tangan dengan cairan mengandung alkohol, tetapi penggunaan air dan sabun dianggap yang paling efektif untuk membunuh kuman.

Mengutip laman Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tahun 2014, cuci tangan dengan sabun dan air adalah tindakan sanitasi.

Maklum, tangan dan jari jemari kerap menjadi agen pembawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain. Tangan juga dapat membawa kuman, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berbagai penelitian membuktikan, kebiasaan cuci tangan berkolerasi dengan penurunan penyakit, seperti diare, flu, penyakit mata, hingga Covid-19.

Mencuci tangan memang tidak akan 100 persen menghilangkan risiko tertular virus corona. Namun cara ini tindakan yang paling masuk akal dan paling disarankan.

Sebab kita tidak tahu seberapa kali menyentuh wajah dengan tangan yang mungkin terkontaminasi virus, atau dari orang yang batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Sumbangan wastafel

Untuk menggalakkan kebiasaan mencuci tangan, PT.Danareksa menyumbangkan 80 unit wastafel portabel ke beberapa tempat yang memiliki interaksi sosial tinggi, seperti pasar dan kampus.

Corporate Secretary PT.Danareksa, Putu Dewika Angganingrum, menjelaskan,
set wastafel ini telah disesuaikan dengan protokol kesehatan, yaitu mengalirkan air, pengguna tidak perlu menyentuh, melainkan cukup menginjakkan kaki, serta dilengkapi petunjuk cara cuci tangan.

“Dengan semakin banyak wastafel di tempat umum, masyarakat juga akan makin mudah mengakses air bersih untuk mencuci tangan sebelum atau setelah beraktivitas,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/12/150000420/cuci-tangan-dengan-air-dan-sabun-paling-efektif-bunuh-kuman

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.