Salin Artikel

Selain Bisa Melihat yang Tak Terlihat, Apa Ciri-Ciri Anak Indigo?

KOMPAS.com - Anak indigo kerap diidentikkan dengan kemampuannya untuk dapat melihat hal-hal gaib. Namun, ada ciri-ciri lainnya yang juga harus dipenuhi oleh seseorang sebelum mendapat label ‘anak spesial’ tersebut.

Penyebutan anak indigo sendiri datang dari warna aura yang terpancar dari diri anak tersebut, yakni warna indigo alias biru keunguan.

Indigo juga merupakan warna dari chakra mata ketiga yang identik dengan kemampuan seseorang melebihi rata-rata, seperti memiliki indra keenam, kemampuannya membaca pikiran orang lain, hingga melihat masa depan.

Dari segi fisik, anak-anak indigo tidak berbeda dari anak pada umumnya. Hanya saja, mereka memiliki ciri-ciri perilaku hingga pola pikir yang sangat berbeda. Sehingga, anak indigo akan terlihat berbedal dibanding teman-teman sebayanya.

Ciri-ciri anak indigo berdasarkan ilmu kejiwaan

Berdasarkan ilmu psikologi dan psikiatri, indigo dapat terdeteksi lewat 3 tahapan, yakni wawancara dengan psikiater atau psikolog, evaluasi psikologi klinik anak, dan foto aura.

Dari ketiga tahapan itu, tenaga medis yang kompeten akan melihat 3 ciri-ciri anak indigo yang paling kentara, yaitu dari segi rasional, spiritual, dan indra keenam.

1. Rasional

Anak-anak indigo dominan menggunakan otak kanan. Artinya, mereka akan fokus pada penglihatan, perasaan, dan pelajaran non-verbal seperti musik, matematika, seni, dan psikologi. 

Ciri-ciri anak indigo ini berkaitan dengan kecerdasan, sehingga anak akan disarankan menjalani tes IQ (intelligence quotient). Untuk dikatakan indigo, IQ anak harus di atas 120.

Meski demikian, tes ini saja tidak cukup karena anak yang sangat cerdas (IQ lebih dari 130) pun tidak serta-merta dikategorikan indigo jika tidak memenuhi 2 tanda lainnya.

2. Spiritual

Anak-anak indigo juga percaya akan adanya Tuhan. Namun, biasanya mereka juga tidak ingin terjebak pada aspek ritualnya saja.

Anak indigo akan mempertanyakan banyak hal, termasuk alasan di balik kewajiban yang harus dilakukannya dan mungkin motivasi untuk meyakini Tuhan atau agama tertentu.

Ciri-ciri anak indigo juga bisa terlihat dari cara bicaranya, yang dikenal sebagai old soul alias jiwa tua yang terperangkap dalam diri anak-anak.

Jadi, sekalipun usianya baru 4-5 tahun, anak indigo sudah bisa mempertanyakan masalah keberadaan kita, hal-hal spiritual, dan Tuhan.

3. Indra keenam

Ciri-ciri terakhir anak indigo adalah memiliki indra keenam. Artinya, ia bisa mengirim atau menerima informasi tanpa menggunakan kelima panca indra.

Dalam hal ini, anak indigo akan memiliki kemampuan telepati dan clairvoyance, baik berupa prekognisi (menerawang masa depan) maupun retrokognisi (mengetahui masa lalu).

Pada awal tahun 2000-an, cenayang Doreen Virtue menerbitkan buku yang booming tentang anak indigo berjudul ‘The Care and Feeding of Indigo Children’.

Dalam buku itu, Doreen mengemukakan ciri-ciri anak indigo berikut ini:

  • Memiliki kemauan keras
  • Berjiwa tua (sikapnya lebih dewasa dibanding anak-anak seusianya)
  • Lahir pada tahun 1978 dan setelahnya
  • Keras kepala
  • Kreatif
  • Rentan mengalami insomnia atau bangun di tengah malam karena mimpi buruk
  • Mudah kecanduan
  • Intuitif
  • Memiliki kecenderungan untuk mengasingkan diri
  • Mandiri
  • Memiliki keinginan yang kuat untuk memperbaiki dunia
  • Sikapnya berada di antara rendah diri dan merasa benar
  • Mudah bosan
  • Pernah didiagnosis menderita gangguan perilaku
  • Memiliki riwayat depresi
  • Pilih-pilih teman
  • Mudah terikat dengan makhluk hidup non-manusia (misalnya hewan atau teman khayalan)

Apabila memiliki 14 dari 17 ciri-ciri anak indigo di atas berdasarkan keriteria Doreen, maka anak kemungkinan besar indigo.

Pola asuh anak indigo

Ciri-ciri anak indigo memperlihatkan bahwa Si Kecil memiliki sifat dan sikap yang berbeda dibanding anak-anak seusianya. Oleh karena itu, orangtua sebaiknya melakukan pendekatan yang berbeda untuk mengakomodasi kemampuan dan kekurangan anak.

Disiplin adalah kunci dalam pola asuh anak indigo, sesuai dengan karakternya yang cerdas, tapi cenderung sulit diatur. Beberapa contoh menanamkan sikap disiplin pada anak indigo adalah dengan:

Memberikan pilihan

Jangan bertanya, “Kamu mau apa?”. Namun, berikan pilihan seperti, “Kamu mau A atau B?”. Hal ini membuat anak indigo merasa memiliki kekuasaan atas pilihannya sendiri.

Memberikan penjelasan

Selain menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, Anda juga harus menjelaskan dengan bahasa yang logis mengenai jawaban tersebut.

Memberikan kebebasan

Jangan mengurung anak indigo, sekalipun Si Kecil terlihat antisosial. Sebaliknya, berikan anak kebebasan sekaligus penjelasan mengenai cara menghargai dan menghormati orang lain.

Mendengarkan keluhannya

Anak indigo kadang kala merasa stres dan mengeluhkan kondisinya. Ia butuh didengar dan dimengerti.

Memberikan pujian

Ketika anak berperilaku tenang, berikan sanjungan agar ia mau mengulanginya di masa mendatang.

Anak indigo juga bisa disiplin asalkan Anda menerapkan pola asuh yang konsisten dan masuk akal. Jika Anda butuh panduan lain, berkonsultasilah pada psikolog atau psikiater.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/115328020/selain-bisa-melihat-yang-tak-terlihat-apa-ciri-ciri-anak-indigo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.