Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tak Mudah Sakit

KOMPAS.com - Kebanyakan orang lahir dengan sistem imun yang baik. Namun dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, tidak ada salahnya berusaha meningkatkan kekebalan tubuh.

Kita harus aktif untuk mencari cara meningkatkan daya tubuh guna meminimalisir risiko terjadinya infeksi di tubuh. 

Ada beberapa langkah yang bertujuan menambah peluang agar kita tetap sehat dalam jangka panjang dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Apa sajakah caranya?

1. Menjaga kebersihan

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama ialah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Contohnya pada kulit yang merupakan lapisan terluar dari tubuh. 

Kita harus selalu menjaga kebersihannya agar jamur atau kuman yang biasa hidup dan menempel di kulit tidak ikut masuk ke dalam tubuh, misalnya bersama makanan yang kita konsumsi.

Salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun. Contohnya, sebelum makan, mengolah makanan, memasak, dan setelah dari toilet.

Berdasarkan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dapat mengurangi peluang hingga 58% terkena diare.

2. Menghindari kontak dengan orang sakit

Jika kamu sadar bahwa kondisi kekebalan tubuhmu tidak sebaik orang lain, kamu sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Sekalipun orang tersebut hanya terkena flu atau pilek.

Kontak yang dimaksud bukan hanya bersentuhan di kulit. Tapi juga menjauhi pemakaian alat-alat makan maupun barang-barang pribadi yang sama, seperti pakaian atau handuk.

3. Tidur yang cukup

Menjaga jam tidur merupakan cara untuk menjaga sistem imun tetap baik. Tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan imun pada tubuh. Jadi pastikan waktu tidur selalu tercukupi.

4. Menjaga pola makan

Banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi akan memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap serangan penyakit. 

Selain itu ada makanan-makanan yang sebaiknya kita hindari karena bisa memicu peradangan, seperti makanan yang terlalu manis, terlalu berlemak, atau goreng-gorengan.

5. Olahraga secara teratur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Meski begitu, kita sebaiknya tidak berolahraga sampai terlalu lelah karena hal itu justru akan menurunkan imun tubuh kita.

Lebih baik olahraga teratur sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari.

6. Mengonsumsi suplemen

Jika semua cara meningkatkan daya tahan tubuh sudah dicoba, tidak ada salahnya jika melengkapi usaha itu dengan mengonsumsi suplemen.

Biasanya, orang yang memiliki sistem imun rendah akan butuh suplemen vitamin C. Tetapi, dokter juga bisa meresepkan suplemen vitamin lainnya sesuai kebutuhan.

7. Makan sehat dan seimbang

Makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan sistem imun dan menurunkan risiko penyakit.

Pasalnya, malnutrisi akibat makan tidak sehat dan tidak teratur dapat menyebabkan menurunnya sistem imun dan penyakit. Jadi, pastikan selalu memenuhi asupan makan sehat harian yang seimbang.

8. Hindari stres

Stres berlebih atau stres kronis yang terjadi berulang atau terus-menerus diketahui dapat menurunkan sistem imun menurut para peneliti.

Jadi, selalu tenangkan diri dan kelola stres dengan baik agar tidak semakin memburuk.

Yang perlu diingat adalah, sistem imun merupakan gabungan dari berbagai mekanisme di dalam tubuh kita.

Terkadang, kita harus melakukan lebih dari satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang telah disebut di atas.

Jangan lupa untuk mendiskusikan semua langkah yang Anda ambil dengan dokter. Berkonsultasi ke dokter akan membuat cara meningkatkan daya tahan tubuh yang kita lakukan menjadi lebih optimal dan cocok dengan kondisi kesehatan masing-masing.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/13/144803320/8-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-agar-tak-mudah-sakit

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.