Salin Artikel

12 Makanan Sehat untuk Sarapan agar Tidak Kegemukan

KOMPAS.com - Banyak jenis makanan sehat untuk sarapan pagi yang dapat membantu kita meraih berat badan ideal. Tidak hanya lezat rasanya, berbagai sarapan pagi untuk diet ini juga menyehatkan tubuh.

Saat sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, apa yang kita makan di pagi hari memiliki peranan penting. Itulah sebabnya disarankan untuk tidak asal-asalan dalam memilih jenis sarapan.

Memulai pagi dengan makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan rasa lapar dan menghambat usaha mengecilkan perut. Namun sebaliknya, memilih makanan yang sehat untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa ide sarapan pagi untuk diet yang lezat dan juga sehat:

1. Berbagai jenis kacang

Sebuah riset membuktikan, 169 partisipan yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam diet Mediterania mengalami penurunan lingkar pinggang.

Penelitian lainnya juga membuktikan, partisipan yang rutin mengonsumsi kacang almond (84 gram per hari) dalam diet rendah kalori, mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks.

Namun ingat, batasi porsi kacang-kacangan yang kita konsumsi karena makanan ini mengandung kalori yang tinggi. Cukup 28 gram kacang-kacangan saja di pagi hari. Kita juga bisa mencampurnya dengan yogurt atau granola.

2. Biji rami

Sebuah riset kecil membuktikan bahwa mengonsumsi campuran biji rami dan air hangat dapat membuat seseorang kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebih.

3. Oatmeal

4. Biji chia

Biji chia juga mengandung kadar protein tinggi sehingga dapat menghambat produksi hormon ghrelin, yakni hormon yang mengatur rasa lapar.

5. Teh hijau

Riset lainnya membuktikan, 10 partisipan yang mengonsumsi ekstrak teh hijau mengalami peningkatan metabolisme dan pembakaran kalori.

6. Buah kiwi

Sebuah riset menyebutkan, mengonsumsi makanan yang kaya serat dan rendah kalori dapat menurunkan nafsu makan, menurunkan berat badan dan lingkar pinggang, serta membakar lemak tubuh.

Ide sarapan pagi untuk diet yang satu ini tentu akan membuat pagi kita menjadi lebih segar. Ditambah lagi, kiwi mengandung pektin, yakni serat yang terbukti ampuh membuat kenyang lebih lama dan menurunkan nafsu makan berlebih.

7. Kopi

Dalam sebuah penelitian, delapan partisipan pria yang mengonsumsi kopi mengalami peningkatan metabolisme sebanyak 13 persen.

Namun ingat, jangan hanya menyeruput kopi saja saat sarapan. Kombinasikan dengan sarapan pagi untuk diet lainnya, seperti buah kiwi atau oatmeal.

8. Yogurt

Hal ini didasarkan pada kandungan yogurt yang tinggi protein sehingga mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

9. Telur

Telur adalah salah satu sarapan pagi untuk diet yang kaya akan protein. Dalam satu telur berukuran besar saja sudah mengandung 6 gram protein.

Dalam sebuah riset, partisipan yang sarapan dengan telur merasa kenyang lebih lama dan mengalami penurunan berat badan sebanyak dua kali lipat dibandingkan mereka yang makan roti.

10. Buah-buahan beri

Faktanya sebuah riset membuktikan, para partisipan yang rutin mengonsumsi buah-buahan beri sebagai camilan, asupan kalorinya berkurang hingga 133 kalori per hari.

11. Buah pisang

Jika mengonsumsinya di pagi hari, rasa lapar berlebihan dapat dicegah. Ditambah lagi, berbagai macam studi juga membuktikan, mengonsumsi lebih banyak serat dari buah-buahan seperti pisang dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

12. Grapefruit (jeruk bali merah)

Sebuah riset yang diikuti oleh 91 partisipan obesitas membuktikan bahwa mengonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan dapat menurunkan badan secara signifikan.

Tak ada makanan ajaib yang dapat menurunkan berat badan dalam satu malam, termasuk berbagai sarapan pagi untuk diet di atas.

Itulah mengapa kita disarankan untuk tetap menjalani pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga teratur, sambil mengonsumsi beragam makanan sehat. Hal ini dilakukan agar perjuangan meraih berat badan ideal tak sia-sia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/17/084918920/12-makanan-sehat-untuk-sarapan-agar-tidak-kegemukan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.