Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Onitsuka Tiger Rilis Ulang Tiga Sepatu Bersejarah dengan Logo Berbeda

KOMPAS.com - Sejak berdiri tahun 1949 sampai sekarang, Onitsuka Tiger sudah membuat berbagai jenis sepatu. Namun pada awalnya, sepatu-sepatu itu tidak memiliki garis khas Onitsuka seperti yang kita kenal saat ini.

Logo pada produk-produk sebelum tahun 1966 itu juga beragam, ada yang berupa tulisan Tiger, ada yang berupa dua garis, tiga garis, pola seperti huruf UI, hingga lingkaran merah bendera Jepang.

Adapun desain-desain unik itu kebanyakan muncul pada tahun 1960-an, ketika para desainer Onitsuka mencari logo ikonik yang bisa membedakan produk mereka dengan brand lain, sekaligus mengadopsi filosofi Jepang.

Lalu muncullah desain bendera nasional Jepang pada sepatu yang dikenakan atlet Jepang di Olimpiade musim panas Roma tahun 1960, disusul logo seperti huruf UI yang dipakai tim nasional Jepang pada Olimpiade Musim Panas di Tokyo tahun 1964.

Kemudian pada tahun 1966, Onitsuka mengganti logo lagi dengan garis seperti yang kita kenal sekarang. Garis tersebut pertama kali diterapkan pada model Mexico 66, yang dinamai demikian karena digunakan oleh perwakilan Jepang di Olimpiade Mexico.

Namun sebelum seri Mexico 66 muncul, ada prototype yang sedikit berbeda dari sepatu yang kini sangat kita kenal itu. Prototype ini memiliki sol lebih tinggi dan logo dua garis tebal dan tipis.

Nah untuk memperingati sepatu-sepatu yang pernah dikenakan atlet tim nasional Jepang di Olimpiade, bulan September ini, Onitsuka Tiger merilis ulang tiga sepatu ikonik serupa dengan yang dipakai tahun 1960, 1964, dan prototype Mexico 66.

Di bagian samping ada lingkaran merah di tengah latar putih seperti bendera Jepang. Sepatu ini juga memiliki sol lebih tinggi.

Namun seri ini hanya dibuat sebanyak 1964 pasang dan setiap pasang memiliki nomor seri berbeda yang dituliskan di sisi sepatu.

Hal yang istimewa adalah logo serupa huruf UI di samping sepatu, serta tulisan Tokyo Onitsuka di lidah sepatu, yang hanya terlihat pada model ini.

Seri ini juga dirilis terbatas, yakni hanya 1964 pasang, dengan nomor seri berbeda untuk tiap sepatu.

Prototype inilah yang kemudian dikembangkan menjadi seri paling ikonik dalam jajaran Onitsuka Tiger, dan yang pertama menggunakan garis khas seperti yang kita jumpai saat ini.

Seperti dua seri lainnya, sepatu ini juga dibuat terbatas hanya 1964 pasang dengan nomor seri berbeda untuk setiap pasang.

Ketiganya akan tersedia di toko resmi Onitsuka Tiger dengan harga Rp 2.299.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/21/070700120/onitsuka-tiger-rilis-ulang-tiga-sepatu-bersejarah-dengan-logo-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke