Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Ajaib "Ngopi", Sudah Tahu?

KOMPAS.com - Memiliki rasa yang pahit tidak membuat kopi kehilangan peminat. Ya, kopi sudah menjadi konsumsi harian sebagian besar orang di seluruh dunia.

Menurut studi yang dilakukan National Coffee Association terhadap 3.000 orang di AS terkait kebiasaan minum kopi, ternyata 64 persen orang meminum secangkir kopi setiap harinya.

Memang, kopi dapat menghilangkan rasa kantuk dan mengembalikan energi kita. Tapi manfaat dari "ngopi" bukan cuma itu lho.

Penasehat diet Jonathan Valdez, RDN, CDE, CPT, pemilik Genki Nutrition dan jurubicara New York State Academy of Nutrition and Dietetics mengungkap manfaat kopi.

Menurut Valdez, kandungan kafein pada kopi bekerja dengan memblokir sekelompok sel saraf di dalam tubuh manusia yang memberi sinyal bahwa kita sedang kelelahan.

"Itu sebabnya minum kopi membuat 'insting' kita terasa bangun."

Membuat tubuh bisa bekerja optimal rupanya hanya satu dari sekian banyak manfaat kopi bagi tubuh.

Penasaran apa saja manfaat lain dari minuman hitam pekat ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah, seperti dilansir laman Eat This.

1. Meningkatkan performa saat berolahraga

Kelli McGrane MS, RD, ahli diet dan konsultan nutrisi Lose It! menyebutkan, kafein bisa bermanfaat saat kita berolahraga.

"Kafein yang terdapat pada kopi terbukti meningkatkan kadar epinefrin (hormon adrenalin) di dalam darah kita serta merangsang pemecahan lemak, sehingga asam lemak berubah menjadi bahan bakar," kata McGrane.

"Kedua faktor ini bisa meningkatkan energi saat kita olahraga."

2. Mengurangi risiko depresi

Menurut Debbie Petitpain, MS, RDN, ahli gizi dan ahli diet terdaftar serta jurubicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko depresi dan bunuh diri.

"Tapi, tidak diketahui apakah manfaat itu disebabkan oleh kopi atau kafein di dalamnya," kata Petitpain.

Ia menambahkan, kafein adalah agen psikoaktif yang paling banyak digunakan, di mana 85 persen orang dewasa di AS mengonsumsinya setiap hari.

"Sulit membedakan manfaat yang dikaitkan dengan kopi dari kandungan kafeinnya."

3. Kandungan polifenol pada kopi turunkan risiko diabetes

Polifenol merupakan bahan kimia yang ditemukan di berbagai buah, sayuran, teh, serta kopi, ujar Valdez.

"Ada bukti polifenol dalam kopi menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, serta kanker kolon."

4. Memudahkan interaksi dengan orang lain

Membuat janji bertemu untuk minum kopi, kata Petitpain, adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama teman, rekan kerja, atau kekasih.

"Dalam satu studi, peserta yang memegang secangkir kopi panas menilai orang yang berinteraksi dengan mereka memiliki kepribadian lebih hangat, murah hati dan perhatian."

5. Antioksidan pada kopi kurangi risiko penyakit kronis

McGrane menyebut, kopi kaya akan antioksidan, senyawa alami yang terbukti melindungi tubuh dari sejumlah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

"Kopi kaya akan antioksidan yang disebut asam klorogenat, yang dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah," ucapnya.

Namun ia menegaskan, perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko penyakit kronis juga penting, seperti menjalani diet, berolahraga, dan tidak atau berhenti merokok.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Disebutkan Petitpain, sekitar 56-141 gram cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

"Tetapi, kopi tanpa filter seperti french press dan espresso mengandung cafestol, yang meningkatkan kolesterol jahat atau LDL, dan meningkatkan risiko penyakit jantung," tutur dia.

7. Meningkatkan kesehatan otak

McGrane mengatakan, sebuah studi observasi menemukan hubungan antara asupan kopi secara teratur dan penurunan risiko penyakit Alzheimer serta Parkinson.

"Studi baru-baru ini menemukan, ketika biji kopi dipanggang, kopi menghasilkan satu senyawa yang disebut fenilindan."

Senyawa fenilindan, lanjut dia, terbukti membantu mencegah penumpukan protein di otak yang dianggap berperan dalam penurunan fungsi otak.

8. Bantu turunkan berat badan

Studi yang dilakukan para peneliti Harvard T.H Chan School of Public Health menemukan, konsumsi empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4 persen.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/22/060600720/8-manfaat-ajaib-ngopi-sudah-tahu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke