Salin Artikel

Simbol Emansipasi, Perempuan Pertama Berjalan di Bulan Tahun 2024

Sebuah kabar besar bagi kaum perempuan disampaikan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) di pekan ini.

NASA mengeluarkan pembaruan informasi terkait Artemis Plan. Mereka mengungkap rencana untuk mendaratkan wanita pertama di bulan pada tahun 2024.

Misi Apollo adalah progam penerbangan antariksa ketiga yang dilaksanakan NASA, yang berhasil mendaratkan manusia pertama di bulan pada periode 1969 hingga 1972.

Program ini pertama kali disusun selama masa pemerintahan Presiden Dwight D. Eisenhower.

Misi Apollo lalu didedikasikan untuk tujuan nasional oleh Presiden John F. Kennedy di era 1960-an untuk mendaratkan manusia di bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke bumi.

Seruan itu disampaikan Kennedy dalam pidatonya di muka Kongres pada 25 Mei 1961.

Tujuan Kennedy ini baru tercapai pada misi Apollo 11 ketika astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendaratkan Apollo Lunar Module (LM) pada 20 Juli 1969.

Keduanya berjalan di permukaan bulan, sementara Michael Collins tetap berada di orbit bulan dalam modul komando dan layanan (CSM).

Ketiganya mendarat dengan selamat di bumi pada 24 Juli 1969.

Lalu, lima misi Apollo berikutnya juga mendaratkan astronot di bulan, yang terakhir, Apollo 17, pada Desember 1972.

Dalam enam penerbangan luar angkasa tersebut, tercatat ada 12 orang yang sudah berjalan di permukaan bulan, dan semuanya pria.

"Kami akan kembali ke bulan demi penemuan ilmiah, manfaat ekonomi, dan inspirasi bagi generasi baru penjelajah," demikian kata administrator NASA Jim Bridenstine, dalam siaran pers-nya.

NASA akan meluncurkan roket baru, Sistem Peluncuran Luar Angkasa, dan pesawat ruang angkasa Orion secara bersamaan dari Pusat Antariksa Kennedy pada tahun 2021.

Akan ada dua peluncuran untuk dua uji penerbangan di sekitar bulan, terkait dengan persiapan dalam proyek tersebut.

Selain mengirim wanita pertama ke bulan, Artemis Plan pun akan berusaha untuk mencari sumber daya, seperti air di bulan.

Berkat teknologi pendaratan baru, astronot juga dapat melakukan perjalanan lebih jauh untuk menjelajahi wilayah baru di bulan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/25/183306120/simbol-emansipasi-perempuan-pertama-berjalan-di-bulan-tahun-2024

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.