Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Sepatu Nike Paling Ramah Lingkungan

KOMPAS.com - Nike Air VaporMax 2020 Flyknit adalah salah satu sepatu Nike yang diklaim paling ramah lingkungan hingga saat ini, karena banyak bagiannya dibuat dengan bahan daur ulang.

Menurut pimpinan desain produk Nike, Jesi Small, bahan daur ulang yang dipakai bukan hanya dari limbah Nike, tapi juga limbah industri lainnya, sehingga lebih dari 50 persen berat sepatu itu berasal dari bahan daur ulang.

Sepatu ini memang diciptakan menggunakan prinsip desain circular, di mana setiap detailnya dirancang agar bisa didaur ulang atau digunakan kembali kelak, untuk menciptakan produk yang berkelanjutan.

Khusus untuk seri 2020 ini, bagian sol sepatu dibuat dari 75 persen bahan daur ulang. Sedangkan bantalan udara Nike Air tunggal dibuat meruncing dari tumit hingga ujung kaki, sehingga menciptakan profil lebih rendah dari VaporMax sebelumnya, sekaligus memberi kenyamanan lebih.

Sementara bagian atasnya, yaitu bahan rajutan atau Flyknit, sekitar 67 persennya dibuat dari benang daur ulang pascaindustri, serta berbagai komponen daur ulang lain, termasuk limbah botol plastik daur ulang.

Untuk penutup bagian tumit dan ujung jari digunakan bahan Thermoplastic polyurethane (TPU) yang 60 persennya merupakan bahan daur ulang.

Meski sebagian besar berasal dari limbah, namun Nike Air VaporMax 2020 Flyknit tampil sebagai sepatu keren yang dapat dipakai sehari-hari.

“Kami ingin membuat sepatu dengan bahan yang ramah lingkungan dari awal, dan yang mudah untuk dipakai setiap hari,” kata Small.

Inovasi FlyEase ini dibangun berdasarkan komitmen Nike untuk "selalu mendengarkan suara atlet," dan menciptakan sepatu yang lebih mudah digunakan bagi semua orang.

Hal lain yang menarik dari sepatu ini adalah desain dan tampilannya yang penuh detail warna. Selain itu ada juga kesan raw, tapi teratur dan terkomposisi dengan baik.

“Salah satu landasan dari apa yang kami coba lakukan dengan sepatu ini adalah mengintegrasikan gagasan 'Rawthenticity,' atau menunjukkan bagaimana potongan asli dari masing-masing elemen ini menjadi hidup,” kata Jarrod Hale, senior project line manager Nike NSW.

Nike Air VaporMax 2020 Flyknit tersedia dalam berbagai warna pilihan menarik di toko Nike dengan harga Rp 3.209.000.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/26/114319220/ini-sepatu-nike-paling-ramah-lingkungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke