Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

KOMPAS.com - Minyak kelapa sudah sejak lama dikenal memiliki beragam manfaat, termasuk untuk perawatan kecantikan.

Meski tidak berfungsi sebagai "obat", namun minyak kelapa tetap bisa menjadi bahan yang dapat membantu merawat kulit dan rambut.

Apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari minyak kelapa?

1. Pelembap kulit

Dermatolog Joyce Park menjelaskan, minyak kelapa kaya akan asam lemak yang mengandung antibakteri dan anti-peradangan.

Asam lemak di dalam minyak kelapa bisa membantu melindungi dan menutrisi kulit dalam dua cara.

"Minyak kelapa memberikan kontrol barrier yang baik dan membantu kita mempertahankan kelembapan kulit, yang sangat bagus karena membantu merawat dan mencegah kekeringan," kata Dermatologdari New York City, Robert Finney, seperti dilansir Allure.

Namun, hindari penggunaan minyak kelapa di wajah karena bersifat komedogenik, terutama jika wajahmu rentan mengalami noda.

2. Meredakan eksim

Minyak kelapa tidak dapat mengobati eksim, melainkan membantu mengurangi beberapa gejalanya, seperti kekeringan dan gatal.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat meredakan eksim lebih baik daripada minyak mineral.

"Mengingat kemampuannya untuk membantu melindungi kulit dan mengunci kelembapan, minyak kelapa bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan eksim," ungkap Finney.

Tipsnya, gunakan produk perawatan kulitmu terlebih dahulu kemudian menguncinya dengan minyak kelapa.

Untuk perawatan eksim lebih lanjut, pastikan kamu mengonsultasikannya dengan dokter.

3. Penghapus makeup

Minyak kelapa dapat memecah kotoran yang larut dalam lemak seperti riasan dan sebum, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kulit berminyak.

Jika kamu memakai riasan tebal dan memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai pembersihan awal. Kemudian, lanjutkan pembersihan dengan produk berbahan dasar air yang lembut.

Namun, hindari penggunaan minyak kelapa sebagai pembersih makeup jika kulitmu rentan jerawat.

4. Deep conditioner

Cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai leave-in treatment jika kamu memiliki rambut rusak dan rentan patah.

"Minyak kelapa dapat membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada batang rambut karena pewarnaan, panas, dan sinar matahari," kata Finney.

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa panas sebagai perawatan pra-sampo untuk menenangkan rambut kering sebelum keramas dan menggunakan kondisioner. Biarkan selama setidaknya satu jam agar benar-benar meresap dan menembus ke batang rambut.

5. Scrub badan

Jika kulitmu terasa kusam, cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai eksfoliator alami, demi kulit yang lebih cerah dan lembut.

Minyak kelapa juga bisa membantu mengatasi iritasi dari eksfoliasi. Bagi pemilik kulit sensitif, hindari melakukannya lebih dari sekali seminggu.

6. Pembersih kuas

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kuas.

Ahli kimia kosmetik, Perry Romanowski merekomendasikan untuk mengoleskan minyak kelapa ke kuas kecantikan untuk mengurai riasan, lalu mengoleskannya untuk menghilangkan minyak berlebih, sebelum membilasnya dengan sabun dan air.

"Menggabungkan sabun dan minyak hanya mengikat surfaktan dalam larutan deterjen dan bersaing dengan 'kotoran' lainnya pada kuas makeup, sehingga tidak akan membuat kuas bersih dengan optimal," katanya.

Kamu bisa menggunakan sabun apapun, tapi Romanowski tidak menyarankan penggunaan sabun dengan aroma yang terlalu banyak karena dapat meninggalkan aroma kuat pada kuas.

7. Lip balm

Komposisi lemak dalam minyak kelapa membantu mengisi komponen yang hilang yang menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah.

Minyak kelapa juga merupakan obat yang ideal untuk bibir pecah-pecah karena sifatnya semipadat pada suhu kamar, sehingga tidak terlalu berantakan dibandingkan minyak lainnya. Masukkan sedikit minyak kelapa ke dalam toples kecil dan ratakan di bibir sepanjang hari.

8. Perawatan ketombe

Memiliki kandungan anti-peradangan dan antimikroba, minyak kelapa dapat bermanfaat untuk dermatitis seboroik alias ketombe.

Untuk mencegah ketombe, cobalah melakukan perawatan dengan minyak kelapa setiap malam. Oleskan sedikit minyak ke akar dan pijat dengan ujung jari dengan gerakan melingkar.

Perawatan ini tidak akan membuat ketombe hilang, tetapi dapat membantu melembutkan serpihannya, sehingga membuatnya lebih mudah terkelupas.

9. Deodoran

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk menangkal bau tak sedap karena memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi bau, termasuk bau badan.

Jika merasa tidak nyaman mengoleskan mengoleskan minyak kelapa langsung ke ketiak, cobalah memilih deodoran dengan kandungan minyak kelapa.

10. Minyak kutikula

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi kutikula kering dan pecah-pecah. Sebab. Kondisi tersebut jika dibiarkan dapat membuat kuku rapuh.

11. Pelindung rambut

Finney mengatakan, cara terbaik untuk melindungi ujung rambut yang rapuh dari sinar matahari dan klorin adalah dengan melapisinya dengan minyak kelapa sebelum dibasahi. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelindung alami antara rambut dan air.

Bonusnya, rambutmu mungkin akan lebih halus dari biasanya.

12. Salep luka

"Sifat antimikroba dan basis minyak menyebabkan minyak kelapa dapat digunakan pada luka kecil dan luka bakar serta dapat membantu penutupan luka," kata Finney.

Oleskan minyak ke area yang luka beberapa kali sehari sampai mulai bersih. Jika luka malah memburuk, konsultasikanlah dengan dokter.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/28/112835120/cara-menggunakan-minyak-kelapa-untuk-kecantikan-kulit-dan-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke