Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Masalah Kesehatan yang mengintai Selama WFH

KOMPAS.com— Pandemi Covid-19 memaksa kita beradaptasi pada kebiasaan baru, salah satunya bekerja dri rumah yang telah dijalani lebih dari 6 bulan. Walau bekerja dari luar kantor tetap bisa produktif, namun diam-diam ada masalah kesehatan yang mengintai.

Melakukan semua aktivitas di rumah sedikit banyak akan membuat kita malas bergerak dan makan berlebihan. Selain itu, jam kerja yang panjang juga dapat membuat kita rentan stres.

Berikut adalah masalah kesehatan paling umum yang mungkin kamu hadapi saat bekerja dari rumah dan cara mengatasinya.

Kita adalah makhluk sosial, jadi kita butuh terhubung dengan orang lain untuk berkembang. Terkurung di satu tempat bisa menimbulkan perasaan depresi dan sedih. Apalagi jika sebelumnya kita selalu bertemu dengan teman dan keluarga setiap hari.

Penting untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman kantor, sahabat, atau keluarga, walau tidak bisa bertemu secara fisik. Luangkan waktu untuk menelepon atau ngobrol lewat video call. Melihat wajah lawan bicara akan terasa lebih berkesan dibanding lewat teks.

2. Kelelahan

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi banyak orang yang bekerja dari rumah kesulitan untuk mematuhi jadwal yang ditetapkan. Misalnya saja, tidak menyisihkan waktu istirahat atau justru ketika jeda kita malah keblablasan menonton serial. Akibatnya, kita akan "lembur" untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Stres dan banyak makan

Masalah keuangan, harus terus menerus di rumah bersama keluarga, dan mengajar anak-anak di rumah - semua itu dapat menambah stres dan menyebabkan kita ingin makanan padat kalori.  Ditambah dengan kurangnya olahraga, maka stres makan dapat merusak tubuh.

Cobalah ubah pilihan makanan dari yang tinggi lemak dan gula, menjadi yang lebih sehat, menyisipkan waktu olahraga, dan jaga tingkat stres untuk menghindari komplikasi kesehatan.

4. Penambahan berat badan

Duduk dalam waktu lama, tidak berolahraga, kurang tidur, dan pilihan diet yang tidak sehat menambah berat badan yang tidak diinginkan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

5. Sakit punggung

Duduk dalam posisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan otot leher, bahu, lengan, lengan, dan otot terlalu kaku dan menyebabkan nyeri.

Penting bagi kita untuk duduk dalam posisi yang benar dengan siku sekitar 90 derajat saat duduk di depan komputer.

Pastikan kamu berdiri dan melakukan peregangan setiap jam untuk menghindari kekakuan, dan minum banyak air agar tetap terhidrasi.

6. Nyeri otot

Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan nyeri pada otot. Aturlah meja kerja agar ergonomis dan duduk dengan punggung tegak. Lakukan peregangan setiap jam untuk menghindari komplikasi tersebut.

7. Insomnia

Melihat layar gawai sepanjang hari tanpa pergi ke mana-mana dapat menghambat pola tidur dan menyebabkan insomnia.

Saat kamu selesai bekerja, jauhkan ponsel, laptop, dan tablet setidaknya dua jam sebelum tidur agar tubuh bisa masuk ke mode tidur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/29/151604420/7-masalah-kesehatan-yang-mengintai-selama-wfh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke