Salin Artikel

Ketika Model "Plus Size" Melenggang di Milan Fashion Week

KOMPAS.com - Model bertubuh plus, Precious Lee, Alva Claire dan Jill Kortleve baru saja membuat sejarah Jumat lalu, ketika mereka berjalan di panggung Milan Fashion Week untuk rumah mode Versace.

Ketiganya menjadi model plus size atau lebih gemuk dibanding model pada umumnya, pertama yang mewakili Versace.

Debut koleksi Musim Semi/Musim Panas 2021 Versace tidak hanya memiliki tema yang luar biasa, tapi pemilihan model yang mereka lakukan juga patut mendapatkan apresiasi karena sangat inklusif.

Menggandeng para model dengan bentuk tubuh berbeda menjadi hal terpenting untuk dipahami.

Alva Claire mengatakan bahwa rumah mode Versace dikenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, apa yang mereka bawa di atas runway dapat memberikan dampak yang luas bagi dunia.

"Tampil untuk merek ikonik seperti Versace membawa pengaruh dan kepentingan yang besar bagi wanita seperti saya, yang selalu menyukai mode kelas atas tetapi hingga saat ini belum pernah melihat diri mereka tercermin di atas runway di ibu kota mode utama di seluruh dunia," kata Claire kepada Yahoo Life.

Claire sendiri sudah bekerja untuk beberapa merek dan publikasi, dan pernah muncul di atas runway di London dan New York, salah satunya bersama Nike di Februari 2050.

Namun, yang belum pernah dilakukannya adalah mewakili sebuah merek mode besar ketika tampil di sebuah kota yang tidak dikenal sebagai kota yang mendorong batas, yakni Milan.

Blogger dari Italia yang mendirikan Body Positive Catwalk di Milan, Laura Brioschi pernah memulai obrolan tentang pentingnya inklusivitas di panggung Milan Fashion Week 2018 lalu. Ia melihat langkah Versace sebagai sesuatu yang luar biasa.

"Aku sangat bangga melihat para model plus size di peragaan mode penting seperti Versace di Milan. Ini pertama kalinya dan merupakan langkah yang sangat besar," katanya.

Bahkan menurutnya, sering kali merek yang mengirim model plus size mendapatkan penghargaan atas langkah luar biasa tersebut.

Sementara itu, blogger mode dan pembuat #FatAtFashionWeek, Kellie Brown mengaku senang dengan perbedaan bentuk tubuh yang direpresentasikan oleh Versace.

Ia berharap, inklusivitas tidak hanya bertahan untuk satu musim dan akan berlanjut.

"Ada banyak orang-orang bertubuh besar yang tak terhitung jumlahnya pada dasarnya memohon agar merek melihat kami, membuat pakaian untuk kami dan mengambil uang kami."

"Melihat Precious Lee di panggung Versace memiliki pesan pemberdayaan yang kuat. Ia sebaiknya kembali diajak musim depan dan musim berikutnya," kata Brown.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/30/100806820/ketika-model-plus-size-melenggang-di-milan-fashion-week

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.