BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Aiken
Salin Artikel

Di Rumah Saja, Simak Tips Quality Time Aman dan Menyenangkan Bersama Keluarga

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Apabila harus berkegiatan di luar rumah, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, jaga jarak fisik, dan rajin cuci tangan.

Kebijakan tersebut membuat sebagian warga Ibu Kota kembali bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sementara bagi anak-anak dan mahasiswa, kegiatan sekolah dan perkuliahan pun masih dilanjutkan secara daring atau online.

Jika Anda termasuk orangtua yang harus melakukan WFH, ada baiknya tetap menyisihkan waktu untuk quality time bersama anak-anak. Dengan adanya kebijakan WFH dan PSBB, anggap saja Anda jadi punya quality time bersama keluarga lebih banyak dari biasanya.

Aktivitas favorit quality time setiap keluarga biasanya berbeda-beda. Meski begitu, banyak keluarga yang menyukai mengisi waktu bersama dengan jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat keramaian, seperti mal, restaurant, dan wahana permainan.

Berhubung situasi masih belum memungkinkan, lebih baik tunda dulu ya bepergiannya. Tak perlu kecewa, sebagai gantinya, yuk bawa keseruan quality time keluarga Anda dengan beraktivitas di dalam rumah.

Selain menyenangkan, quality time di rumah juga akan sangat bermakna karena semakin mendekatkan koneksi antar-anggota keluarga. Nah, berikut rekomendasi empat kegiatan quality time menyenangkan bersama keluarga saat di rumah saja.

Bikin video hiburan bersama keluarga

Saat ini, telah banyak aplikasi jejaring sosial yang memberi layanan pembuatan video hiburan, seperti Tiktok. Selama PSBB, popularitas platform ini semakin melejit dengan diwarnai berbagai tantangan untuk melakukan berbagai gerakan unik dan rumit.

Tak hanya orang dewasa, banyak anak-anak dengan sangat lincah ikut berjoget dan melakukan gerakan rumit ala Tiktok. Namun, sebagai aplikasi hiburan, tentu ada dampak positif dan negatif dari tren ini.

Dari sisi positif, membuat video Tiktok bersama keluarga dapat melatih kekompakan. Selain itu, anak pun jadi termotivasi menghasilkan karya, mengembangkan bakat menari dan video editing, serta melatih daya ingat anak dengan menghafal berbagai gerakan.

Namun, Anda juga harus waspada dan membatasi aktivitas anak menggunakan aplikasi video tersebut. Hal ini karena anak-anak belum bisa membedakan mana video atau gerakan yang aman dan tidak untuk mereka. Anak pun rentan terkena perundungan apabila terlalu berlebihan dalam memainkan aplikasi ini.

Asah skill masak bersama keluarga

Kegiatan memasak bersama bisa menjadi salah satu sarana untuk mengasah koneksi dan kerja sama antar-anggota keluarga. Dengan memberi tanggung jawab kecil saat memasak, mengocok telur misalnya, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, dengan memasak bersama, para orangtua bisa mengajak anak mengeksplorasi aneka rasa dan jenis bahan makanan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, anak bisa belajar lebih menghargai makanan dan tak pilih-pilih saat mengonsumsinya.

Bermain bersama

Bermain merupakan dunia yang sangat dekat dengan anak. Enggak cuma buat kesenangan, bermain juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

Selain itu, bermain juga baik untuk mengembangkan ketangkasan, kekuatan, keterampilan fisik dan kognitif, serta membangun keterampilan emosional anak.

Bermain tidak harus di taman atau wahana permainan. Banyak lho permainan seru yang bisa dilakukan bersama di rumah, di antaranya tebak kata, kartu bergambar, monopoli, congklak, dan ragam pilihan permainan seru lainnya.

Sesekali, Anda pun boleh mengajak anak main video game atau game online. Namun, usahakan atur jadwal mereka saat memainkannya dan bantu memilih tipe permainan yang sesuai usianya.

Berkebun di rumah

Anak-anak biasanya penuh rasa ingin tahu sehingga menyukai kegiatan yang berhubungan dengan eksplorasi. Berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan eksplorasi alam untuk mengenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Dengan berkebun, anak bisa ikut menggali tanah, menanam benih, memberi pupuk, menyiram air, hingga memanen hasilnya. Tak harus memiliki halaman luas, berkebun juga bisa dilakukan menggunakan pot-pot kecil sebagai media tanam.

Berkebun dapat bermanfaat untuk membantu anak mengalihkan rasa bosan dan stres selama sekolah di rumah. Dengan begitu, suasana hati mereka akan menjadi lebih baik dan kembali bersemangat.

Kegiatan ini memang akan membuat si kecil kotor-kotoran sehingga banyak orangtua khawatir anak mereka terkena kuman dan bakteri dari tanah ketika berkebun.

Ya, setiap orangtua memang harus waspada dengan memberikan perlindungan ganda kepada keluarga agar terhindar dari ancaman kuman dan bakteri.

Apalagi, kuman dan bakteri adalah organisme tak kasat mata. Dengan begitu, meski Anda sekeluarga berada di rumah saja, organisme ini tetap bisa mengancam kesehatan keluarga dengan berbagai cara. Di antaranya, melalui udara, tanah, barang belanjaan, paket kiriman, uang, droplet, gagang pintu, dan sebagainya.

Jangan khawatir, ada berbagai cara agar memastikan lingkungan rumah bebas dari kuman dan bakteri. Salah satunya, dengan menggunakan cairan antiseptik yang mampu membersihkan dan menjaga higienitas hunian untuk perlindungan optimal keluarga tercinta.

Ragam produk cairan antiseptik sangat mudah ditemukan di berbagai supermarket dan e-commerce, seperti Aiken Antiseptic Liquid. Aiken merupakan cairan antiseptik serbaguna yang efektif memberikan perlindungan terhadap kuman dan bakteri.

Sebagai antiseptik serbaguna, Aiken Antiseptic Liquid bisa membantu mensterilkan air untuk mandi, campuran air cucian baju dan masker, serta membersihkan luka untuk mencegah infeksi.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda tinggal mencampurkannya ke dalam air sesuai takaran yang ada pada kemasan.

Tenang, Aiken Antiseptic Liquid aman untuk penggunaan sehari-hari keluarga Anda yang memiliki gaya hidup bersih dan sehat.

Dengan terbebas dari kuman dan bakteri, Anda tak perlu khawatir lagi melakukan ragam aktivitas quality time seru dan bermakna selama di rumah saja.

Yuk, rencanakan quality time keluarga dimulai dengan mengatur jadwal kegiatan selama di rumah. Dengan begitu, Anda dan anak-anak tetap bisa bersenang-senang, meski sedang berhadapan dengan setumpuk pekerjaan dan pelajaran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/01/170300820/di-rumah-saja-simak-tips-quality-time-aman-dan-menyenangkan-bersama

Bagikan artikel ini melalui
Oke