Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melawan Penuaan Dini Menggunakan Bunga Abadi

KOMPAS.com - Di daerah Corsica, Perancis Selatan, ada bunga berwarna kuning yang sering dianggap sebagai bunga abadi oleh banyak orang. Mengapa begitu?

Konon bunga ini tidak layu walau dihempas angin yang membawa garam dari Laut Mediterania atau terpapar sinar Matahari sepanjang hari. Ia bahkan tidak layu walau sudah dipetik lama. Karenanya ia disebut bunga Immortelle, alias bunga abadi.

Karena kemampuannya untuk tampil tetap segar itu, orang mencari tahu rahasianya. Mereka kemudian menemukan adanya kandungan tertentu yang menjadikannya tidak mudah rusak.

Kini ekstrak bunga Immortelle banyak ditemukan di produk perawatan tubuh, termasuk dari brand L'Occitane yang sejak 20 tahun lalu menjadikannya sebagai bahan dalam produk anti aging.

Lewat cara-cara tradisional L'Occitane mengambil esensial oil dari bunga itu, beserta ekstrak yang berbentuk minyak dan larutan berbahan dasar air atau aqueous.

Nah seiring dengan perkembangan teknologi, kini perusahaan asal Provence itu menemukan dua bahan baru yang masih bisa diambil lagi dari bunga Immortelle yang sudah diekstrak secara tradisional.

Menggunakan teknologi yang sama untuk memisahkan kafein dari kopi, bunga Immortelle itu diekstrak ulang untuk menghasilkan super ekstrak Immortelle dan super ekstrak aqueous Immortelle.

Berdasarkan penelitian, super ekstrak Immortelle ternyata mampu meningkatkan ketebalan lapisan kulit, menghaluskannya, sekaligus bersifat sebagai kolagen untuk menambah volume kulit.

Sedangkan super ekstrak aqueous yang kaya antioksidan berfungsi melindungi kulit dari paparan polusi dan cahaya.

Menurut L'Occitane, produk Divine Cream membantu memperbaiki enam tanda penuaan pada wajah yaitu keriput, berkurangnya volume kulit, kulit tidak rata, hilangnya elastisitas, dan tidak bercahaya.

Manfaat yang sama juga terdapat pada produk Divine Youth Oil yang memberi nutrisi dan kelembapan pada kulit, mengurangi keriput, mengembalikan cahaya, serta menghilangan bercak-bercak pada kulit sehingga warna kulit lebih merata.

Sementara produk Divine Eye Balm dimaksudkan untuk mengurangi tanda penuaan di sekitar mata, daerah yang sangat sensitif dan paling terlihat bila mengalami aging.

Produk selanjutnya, yang bisa digunakan sebagai masker sepanjang malam, Masque de Nuit, akan membantu kita mengurangi dampak paparan cahaya blue light yang merusak.

Cahaya biru dari perangkat elektronik bisa mempengaruhi kulit, karena cahaya itu membuat kulit tidak tahu bahwa ia harus beristirahat. Dalam jangka panjang, akibatnya kulit bisa menjadi kusam dan kehilangan kesehatannya karena tidak sempat memperbaiki diri.

Dalam hal ini super ekstrak aqueous dari bunga Immortelle yang kaya anti oksidan akan melindungi kulit dari paparan ultraviolet dan cahaya biru.

Kini ladang tempat bunga abadi itu tumbuh sudah mendapat sertifikat organik. Artinya penanamannya tidak menggunakan pestisida, pupuk kimia, maupun irigasi.

Selain itu untuk menjaga keanekaragaman genetik tanaman Immortelle, semua tanaman budidaya dikembangkan dari tanaman liar yang ada di Corsica.

Dengan cara itu, keabadian dari bunga Immortelle bisa terus dimanfaatkan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, melalui produk-produk terbaru L'Occitane yang tersedia sejak akhir September 2020 lalu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/01/195014320/melawan-penuaan-dini-menggunakan-bunga-abadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke