Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Replica Mercedes-Benz Garapan Virgil Abloh Dilelang Rp 2,3 Miliar

KOMPAS.com - Bulan Juli lalu, desainer Virgil Abloh mengumumkan kolaborasi dengan Mercedes-Benz bertajuk "Project Gelandewagen".

Salah satu hasil kolaborasi berupa model artistik dari seri mobil G-Class Mercedes-Benz dengan skala 1:3 itu, baru saja terjual di rumah pelelangan Sotheby's.

Hasil dari lelang proyek kolaborasi Abloh dan pabrikan otomotif Jerman tersebut --sebesar 160.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 miliar, akan disumbangkan ke badan amal.

Model berskala 1:3 dari Project Gelandewagen memiliki ukuran 189 cm x 94,9 cm x 78,9 cm.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan model ini antara lain resin sintetis, laminasi, serat karbon, serat kaca, kayu, logam, dan tekstil.

Perlu diketahui, Virgil Abloh dan Mercedes-Benz hanya membuat model ini sebanyak satu buah.

Keduanya berkomitmen untuk menyumbangkan hasil dari penjualan model "Project Gelandewagen" kepada lembaga amal milik sang desainer, yaitu "Post-Modern" Scholarship Fund.

Abloh mengaku jika dirinya tergerak untuk mendukung seni dan komunitas kreatif internasional di masa-masa yang tidak pasti seperti saat ini.

"Post-Modern" Scholarship Fund didirikan awal tahun 2020, dan mendukung mahasiswa yang merupakan orang berkulit hitam, Afrika, atau keturunan Afrika-Amerika.

Bagi Abloh, penggambaran model artistik Mercedes-Benz G-Class bertujuan untuk menembus batasan akan desain mewah dan menginspirasi talenta muda.

"Tujuan akhir saya dalam proyek ini dengan Mercedes-Benz yaitu menginspirasi seniman, insinyur, dan desainer muda, di samping melakukan eksperimen pada kemampuan desain saya," ujarnya.

"Mercedes-Benz mewakili kemewahan dan performa luar biasa. Sungguh medium yang sempurna untuk memasukkan ide seniman modern terkait gaya di masa depan."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/05/053500320/replica-mercedes-benz-garapan-virgil-abloh-dilelang-rp-2-3-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke