Salin Artikel

Replica Mercedes-Benz Garapan Virgil Abloh Dilelang Rp 2,3 Miliar

KOMPAS.com - Bulan Juli lalu, desainer Virgil Abloh mengumumkan kolaborasi dengan Mercedes-Benz bertajuk "Project Gelandewagen".

Salah satu hasil kolaborasi berupa model artistik dari seri mobil G-Class Mercedes-Benz dengan skala 1:3 itu, baru saja terjual di rumah pelelangan Sotheby's.

Hasil dari lelang proyek kolaborasi Abloh dan pabrikan otomotif Jerman tersebut --sebesar 160.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 miliar, akan disumbangkan ke badan amal.

Model berskala 1:3 dari Project Gelandewagen memiliki ukuran 189 cm x 94,9 cm x 78,9 cm.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan model ini antara lain resin sintetis, laminasi, serat karbon, serat kaca, kayu, logam, dan tekstil.

Perlu diketahui, Virgil Abloh dan Mercedes-Benz hanya membuat model ini sebanyak satu buah.

Keduanya berkomitmen untuk menyumbangkan hasil dari penjualan model "Project Gelandewagen" kepada lembaga amal milik sang desainer, yaitu "Post-Modern" Scholarship Fund.

Abloh mengaku jika dirinya tergerak untuk mendukung seni dan komunitas kreatif internasional di masa-masa yang tidak pasti seperti saat ini.

"Post-Modern" Scholarship Fund didirikan awal tahun 2020, dan mendukung mahasiswa yang merupakan orang berkulit hitam, Afrika, atau keturunan Afrika-Amerika.

Bagi Abloh, penggambaran model artistik Mercedes-Benz G-Class bertujuan untuk menembus batasan akan desain mewah dan menginspirasi talenta muda.

"Tujuan akhir saya dalam proyek ini dengan Mercedes-Benz yaitu menginspirasi seniman, insinyur, dan desainer muda, di samping melakukan eksperimen pada kemampuan desain saya," ujarnya.

"Mercedes-Benz mewakili kemewahan dan performa luar biasa. Sungguh medium yang sempurna untuk memasukkan ide seniman modern terkait gaya di masa depan."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/05/053500320/replica-mercedes-benz-garapan-virgil-abloh-dilelang-rp-2-3-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.