Salin Artikel

Pertanyaan Soal Sepatu Merah Presiden Jokowi, Terjawab Sudah

KOMPAS.com - Bulan Agustus lalu Presiden Joko Widodo mengunggah foto di akun Instagram dengan tiga sepeda buatan dalam negeri. Unggahan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI itu berisi ajakan untuk berolahraga.

Dalam akun tersebut, dituliskan, "Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran."

"Ini sepeda yang saya pakai, ada Kreuz, ada Polygon, ada Element. Semuanya buatan Indonesia."

Meskipun Presiden sedang membicarakan sepeda, namun beberapa penggemar sneaker justru melirik sepatunya. Mereka bertanya-tanya sepatu apakah yang dipakai Presiden? Sebagian orang bahkan mengira Jokowi mengenakan sepatu merek luar yang populer di kalangan anak muda.

Rupanya sepatu berwarna perpaduan hitam, merah, dan putih itu adalah produk terbaru Ventela yang diberi nama Ventela Sang Sekerta Lohita.

Pemilihan nama Sang Sekerta dari sepatu kolaborasi ini diambil dari potongan nama Kaesang, dan serapan dari kata dalam bahasa Sansekerta yang kaya akan nilai tradisi dan budaya.

Sedangkan, kata "Lohita" dalam bahasa Sansekerta berarti merah, yang menjadi warna dasar sepatu Ventela Sang Sekerta Lohita.

Di bagian samping, kita bisa melihat panel merah dengan garis melengkung putih berbentuk "V" di dalamnya. Ventela Sang Sekerta Lohita diberi sentuhan akhir berupa midsole putih dan outsole kecokelatan.

Pihak Never Too Lavish menyebut, proyek ini digagas oleh Yang Ayam, di mana Kaesang selaku founder ingin produk makanan lokalnya mempunyai nilai lebih dengan menggandeng brand lokal lain dalam kolaborasi.

"Yang Ayam memutuskan berkolaborasi dengan Ventela dan mengajak Nevertoolavish sehingga dapat diterima generasi muda dan menginspirasi brand lokal yang ada di Indonesia untuk saling mendukung dan selalu berkarya."

"Kaesang turut andil memberi ide dan masukan, dan beberapa ide tersebut diterjemahkan Nevertoolavish menjadi satu kesatuan desain hingga tercipta sepatu kolaborasi ini."

"Kami sebagai sama-sama brand lokal ingin menghasilkan karya terbaik dan menjadi kebanggaan bangsa," begitu ungkap Nevertoolavish.

Bagian yang belum terjawab adalah sentuhan motif batik yang ada dalam unggahan di akun instagram Yang Ayam. Apakah benar ada motif batik di balik warna merah sepatu itu?

Mungkin kita harus menunggu karena Ventela Sang Sekerta Lohita baru akan dirilis pada 9 Oktober 2020. Sepatu yang tersedia dalam ukuran 37-44 ini kabarnya akan dijual seharga Rp 479.800 (versi low) dan Rp 499.800 (versi high).

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/05/110503520/pertanyaan-soal-sepatu-merah-presiden-jokowi-terjawab-sudah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.