Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Neem, Tanaman Asal India yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

KOMPAS.com - Manfaat ekstrak tumbuhan untuk kulit memang tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah pohon neem. Di Indonesia, sebagian dari kita mengenalnya sebagai daun mimba.

Pohon neem (Azadirachta indica) berasal dari India. Menurut NDTV, di dunia Ayurveda, neem adalah ramuan obat yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional sejak hampir 5000 tahun lalu.

Pohon ini adalah rumah bagi lebih dari 130 senyawa aktif biologis yang berbeda. Maka tidak heran jika pohon neem dianggap sebagai anti-virus dan anti-bakteri yang efektif, bersama dengan stimulan kekebalan yang kuat.

Murli Manohar, penulis buku "Ayurveda For All: Effective Ayurvedic Self Cure for Common and Chronic Ailments" mengungkapkan bahwa fungsi utama neem adalah pengobatan gangguan neuromuskular.

Namun, neem juga memiliki manfaat lainnya, seperti membersihkan darah, mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, mengeluarkan racun, mengobati gigitan serangga dan bisul.

Jangan terkecoh dengan baunya yang sedikit kuat, karena minyak neem ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kulit. Beberapa di antaranya adalah:

1. Merawat kulit kering
Dilansir Well and Good, minyak neem mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin E dan asam lemak esensial, yang menjadikannya bahan alami yang bagus untuk melawan kulit kering.

Sebuah penelitian menemukan bahwa neem dapat menembus jauh ke dalam kulit, menyembuhkan retakan yang diakibatkan kekeringan parah dan memastikan kelembaban kulit tetap terjaga.

2. Melawan kemunculan kerutan
Penelitian menunjukkan neem dapat membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit, membantu kulit tetap awet muda seiring bertambahnya usia.

Kandungan vitamin E yang tinggi juga membantu mencegah radikal bebas merusak kulit.

3. Menghilangkan bekas luka
Vitamin E yang terkandung di dalam neem juga bagus untuk membantu menyembuhkan kulit, terutama untuk bekas luka.

Minyak neem telah terbukti dapat membantu menyembuhkan luka dan memudarkan bintik hitam dari jerawat. Pada dasarnya, sifat penyembuhan kulitnya sangat mengesankan.

4. Mengatasi jerawat
Neem memiliki sifat antibakteri, sehingga kerap dimanfaatkan sebagai obat jerawat yang cukup ampuh. Tidak hanya menjadi spot treatment tetapi juga terbukti berhasil melawannya dalam jangka panjang.

Salah satu produk perawatan, Himalaya, menggunakan kandungan neem untuk Himalaya Neem Series atau seri perawatan kulit berjerawat, yang terdiri dari Himalaya Purifying Neem Face Wash dan Himalaya Purifying Neem
Mask.

Seri tersebut menggabungkan neem dan kunyit, yang dikenal efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

Kunyit sendiri baik untuk kulit wajah karena sifatnya yang menenangkan kulit, mencerahkan, memperbaiki tekstur kulit, dan membuat kulit lebih sehat.

Campuran kedua bahan tersebut dalam produk perawatan kulit efektif untuk melawan bakteri penyebab jerawat dari akar dan menjadikan kulit wajah lebih bersih dan sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/05/152700120/mengenal-neem-tanaman-asal-india-yang-berkhasiat-untuk-kecantikan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke