Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sederet Manfaat Berenang di Air Dingin untuk Tubuh

KOMPAS.com -Beberapa orang ada yang senang berenang di air dingin karena membuat tubuh terasa lebih segar. Tapi ternyata, manfaat yang didapatkan lebih dari itu.

Berenang di air dingin memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Psikolog Sarah Gingell mengatakan, ketika seseorang merasa stres karena pekerjaan yang menumpuk, berenang di air dingin bisa membantu meredakannya.

“Berenang di air dingin dapat menyetel ulang pikiran dan meredakan kekhawatiran. Dalam jangka panjang, kegiatan itu bisa membantu pikiran menyesuaikan ulang cara merespons stres menjadi lebih baik,” kata Gingell seperti dikutip Evening Standard.

Ada penelitian yang menunjukkan paparan air dingin terhadap tubuh dalam jangka waktu tertentu mengurangi respons stres yang dipicu adrenalin atau pemicu lain.

Berenang di air dingin juga meningkatkan kemampuan menenangkan diri saat merasa stres.

Penelitian lain dari University of Portsmouth dan Royal Sussex County Hospital menemukan berendam di air dingin bisa membuat seseorang jarang mengalami infeksi virus seperti pilek. Kalau pun sampai terinfeksi, maka gejalanya lebih ringan.

Jurnal Free Radical Biology and Medicine menemukan perendaman air dingin secara teratur membantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Air dingin juga mengaktifkan brown fat yang membuat pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

Selain itu, berenang di air dingin membantu memulihkan peradangan pada otot sehabis melakukan olahraga berat.

Ahli fisiologi di Porsmoth University Mike Tripton menambahkan, untuk mendapatkan manfaat berenang di air dingin kuncinya jangan berendam terlalu lama.

“Ada beberapa teori yang mengungkapkan manfaat berenang di air dingin seperti mengurangi peradangan dan respons stres serta peningkatan sistem kekebalan," kata Tripton.

"Tapi berenang di air dingin harus dilakukan dengan hati-hati dan ada baiknya memeriksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu,” tambah Tripton.

Saat hendak berenang di air dingin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, masuklah ke air secara perlahan, jangan langsung melompat. Biarkan tubuh terbiasa dengan perubahan suhu.

Ketika sudah terbiasa, mulailah berenang di dalam air. Ingat, jangan berenang terlalu lama dan menunggu sampai tubuh menggigil. Berenang selama beberapa menit sebenarnya sudah cukup.

Terakhir, sehabis berenang jangan langsung mandi air hangat sebab bisa membuat tubuh kedinginan dan malah tidak bisa lepas dari air hangat.

Sebaiknya minum air hangat terlebih dahulu sehabis berenang di air dingin agar tubuh kembali melakukan penyesuaian suhu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/07/122516220/sederet-manfaat-berenang-di-air-dingin-untuk-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke