Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alternatif Pemberian ASI pada Ibu yang Positif Covid-19

KOMPAS.com - Seorang ibu yang diketahui positif mengidap Covid-19 saat melahirkan harus segera dipisahkan oleh bayinya sampai benar-benar sembuh.

Hal ini membuat bayi kesulitan mendapatkan air susu ibu (ASI) untuk pertama kalinya. Lalu, bagaimana solusinya?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah (RSPI), dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc menyarankan, agar bayi diberikan ASI perah untuk sementara.

"Karena ibunya tidak boleh bertemu dengan bayinya jadi pakai ASI perah dulu. Selama ini, status kesehatan bayi yang dipisahkan dari ibunya yang positif Covid-19 itu sangat baik," ujarnya melalui aplikasi Zoom, Rabu (7/10/2020).

Berdasarkan sebuah jurnal yang dipublikasikan oleh Department of Obstetrics and Gynecology, Heritage Institute of Medical Sciences India, belum ditemukan adanya kasus ASI yang terkontaminasi ibu yang positif Covid-19.

Sehingga, bayi masih aman mengonsumsi ASI yang diperah dari ibu yang positif Covid-19. Setelah hasilnya negatif, ibu baru bisa menyusui bayinya secara langsung.

Selain itu, ibu yang positif Covid-19 harus tetap menjaga kebersihan saat sedang memompa atau memerah ASI.

Dilansir dari Kompas, Kamis (6/8/2020), Sebelum memerah ASI, pastikan ibu selalu mencuci tangan sampai benar-benar bersih. Tak hanya itu, ibu yang positif Covid-19 juga harus selalu mengenakan masker.

Gunakan wadah penampungan ASI yang bersih dan tertutup rapat. Pilihan wadah penyimpanan ASI bisa dari kaca atau plastik bebas BPA.

Hindari kantong plastik biasa atau botol bekas untuk mencegah kontaminasi dari bakteri jahat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/07/172441320/alternatif-pemberian-asi-pada-ibu-yang-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke