Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkebun Bisa Bikin Umur Panjang, Ini Penjelasannya

KOMPAS.com - Dan Buettner dari American National Geographic telah mempelajari lima tempat di seluruh dunia di mana penduduknya terkenal karena umur panjang mereka yakni, Okinawa di Jepang, Nicoya di Kosta Rika, Icaria di Yunani, Loma Linda di California, dan Sardinia di Italia.

Orang yang tinggal di wilayah yang disebut "zona biru" ini memiliki beberapa kesamaan yakni, kebiasaan olahraga rutin, kedekatan dengan keluarga dan sosal, serta pola makan sehat.

Tapi satu persamaan yang tak terduga yaitu mereka sama-sama suka berkebun hingga usia lanjut.

Lalu, bisakah bercocok tanam membuat kita lebih panjang umur?

Kita tentu sudah tahu bahwa menerapkan gaya hidup luar ruangan alias dekat dengan alam, ditambah dengan aktivitas fisik kerap dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Nah ketika berkebun, kita akan mendapatkan kedua manfaat tersebut.

“Jika kamu berkebun, kamu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas rendah hampir setiap hari, dan kamu cenderung bekerja secara rutin,” kata Buettner.

Buettner mengatakan bahwa sudah banyak penelitian yang dilakukan dan membuktikan bahwa mereka yang rajin berkebun bisa hidup lebih lama, karena stres yang berkurang.

Penelitian juga mengungkap bagaimana berkebun memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Dalam penelitian di Belanda baru-baru ini, peneliti meminta partisipan untuk menyelesaikan tugas yang membuat stres, kemudian membaginya menjadi dua kelompok.

Satu kelompok kemudian diminta membaca di dalam ruangan dan yang lainnya berkebun di luar ruangan selama 30 menit.

Kelompok yang membaca melaporkan bahwa suasana hati mereka semakin memburuk, sementara mereka yang berkebun, tidak hanya memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih rendah, mereka juga merasa pulih sepenuhnya ke suasana hati yang baik.

Studi juga dilakukan pada orang tua yang menderita masalah kognitif (seperti demensia dan Alzheimer).

Penelitan melaporkan manfaat berkebun sebagai terapi hortikultura. Sinar matahari dan udara segar, misalnya, membantu para lansia merasa lebih tenang, sedangkan warna dan tekstur berbagai tanaman dan sayuran dapat meningkatkan kemampuan visual dan sentuhan.

Memang tidak ada obat mujarab untuk awet muda, tetapi, menurut ilmu pengetahuan, berkebun tampaknya meningkatkan kualitas hidup kita seiring bertambahnya usia.

Ini bukan hanya tentang efek kesehatan: manfaat sosial saat kita berkebun juga dapat meningkatkan umur panjang.

Dr Bradley Willcox dari University of Hawaii mempelajari centenarian, yakni mereka yang berusia 90-100 tahun di Okinawa. Ini adalah daerah yang memiliki rasio centenarian tertinggi di dunia, sekitar 50 per 100.000 orang. 

Ia mendapati ternyata banyak penduduk di sana yang memelihara taman pribadi kecil hingga tua.

Willcox akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa berkebun membantu faktor penting lainnya dalam meningkatkan umur panjang.

“Di Okinawa, mereka mengatakan bahwa siapa pun yang menjadi tua dengan sehat membutuhkan ikigai, atau alasan untuk hidup. Nah, berkebun memberi alasan untuk bangun setiap hari,” kata Bradley.

Selain itu, Willcox menjelaskan, orang Okinawa menghargai konsep yuimaru, atau tingkat keterhubungan sosial yang tinggi.

“Berkumpul di pasar lokal, membawa hasil bumi, dan berbagi panen dari kebun adalah kegiatan sosial yang besar,” katanya. “Itu pasti membantu orang merasa membumi dan terhubung.”

Rasa keterkaitan dengan orang lain itu penting, begitu pula hubungan individu dengan alam.

Para dokter di Skotlandia sekarang boleh meresepkan jalan-jalan di alam untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk mengurangi tekanan darah dan kecemasan, serta untuk meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

Berkebun, bahkan jika kamu hanya memiliki sepetak tanah di depan rumah di daerah perkotaan, adalah cara sederhana untuk memasukkan lebih banyak hal dari alam ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir, ada juga komponen diet untuk umur panjang yang dapat dibantu dengan berkebun, karena mereka yang berkebun juga cenderung menikmati hasil panennya sendiri.

Para peneliti mendapati hubungan antara diet Mediterania yakni diet kaya sayuran, buah-buahan, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun - dan penuaan yang lebih lambat.

Willcox mengatakan prinsip mendasar dari makan banyak sayuran segar, yang berasal dari kebun sendiri, penting untuk umur panjang.

Di Okinawa, misalnya, kebanyakan orang menanam sayuran seperti pare dan ubi jalar di kebun mereka.

“Saat kamu makan sayuran yang ditanam sendiri, itu mengubah segalanya - rasanya lebih enak, dan itu benar-benar membuat perbedaan dalam kualitas kesehatan (vitamin, mineral, senyawa fitoaktif, dll.) Dari makanan itu sendiri,” kata Willcox.

Sedangkan Buettner merekomendasikan pola makan 90% tanaman, terutama sayuran dan kacang-kacangan, dan menunjukkan bahwa mereka yang berkebun, lebih cenderung menanam apa yang ingin mereka makan.

Bertani untuk umur yang lebih panjang?

Banyak faktor gaya hidup yang terkait dengan umur panjang - seperti tinggal di pedesaan dan banyak berolahraga - juga berlaku untuk petani.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa bertani adalah salah satu pekerjaan paling sehat. Satu penelitian di Australia menunjukkan bahwa petani lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit kronis, dan 40% lebih kecil kemungkinannya untuk mengunjungi dokter dibandingkan pekerja non-pertanian.

Para peneliti dari AS membandingkan angka kematian di antara petani dengan angka untuk populasi umum dan menemukan bahwa petani lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena kanker, penyakit jantung, atau diabetes.

Dan penelitian di Swedia dan Prancis juga menunjukkan bahwa petani lebih sehat daripada mereka yang bukan petani.

Dr Masahiko Gemma dari Universitas Waseda di Tokyo mempelajari petani wiraswasta di provinsi tengah Saitama, Jepang, yang ditemukan memiliki harapan hidup lebih lama daripada non-petani.

Banyak responden Gemma adalah petani paruh waktu atau pensiunan, dan dia menggambarkan banyak dari mereka menikmatinya seperti halnya berkebun.

“Pertanian keluarga kecil adalah hal yang biasa di Jepang,” kata Gemma,

Peneliti dari AS membandingkan angka kematian di antara petani dengan angka untuk populasi umum dan menemukan bahwa petani cenderung tidak meninggal karena kanker, penyakit jantung atau diabetes.

Fakta

Meskipun temuan Gemma menggembirakan, tidak semua pertanian di dunia menyerupai model tradisional Jepang berteknologi rendah yang dia gambarkan.

Pertanian adalah industri di sebagian besar dunia Barat, sehingga petani dapat mengalami kondisi kerja yang sulit atau berbahaya, hutang yang tinggi, dan proses yang semakin otomatis.

Thomas Forester, konsultan kebijakan pangan yang berbasis di New York untuk organisasi penelitian dan badan PBB mengatakan, di Amerika saja, kini petani dan peternak sudah menjalani semua dengan semi otomatis, menggunakan internet, GPS dan komputer untuk membantu sistemnya.

Maka, sulit untuk melihat pertanian sebagai jawaban untuk melawan penuaan dan memperpanjang usia karena mereka tidak terlalu terlibat lagi secara langsung dengan alam.

Baik bertani maupun berkebun pada akhirnya tidak akan menjamin umur yang lebih panjang. Tetapi beberapa faktor gaya hidup yang terkait dengan keduanya, yaitu pergi keluar, melakukan aktivitas fisik ringan dan makan pola makan nabati yang sehat, jelas membantu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/07/173134320/berkebun-bisa-bikin-umur-panjang-ini-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke