Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kerusakan Rambut Makin Parah

KOMPAS.com - Memiliki rambut yang sehat dan mudah diatur adalah keinginanan banyak orang. Namun terkadang, kebiasaan yang dianggap sepele malah bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Berikut 3 kebiasaan tersebut seperti yang diungkap laman Boldsky.

1. Menarik rambut kusut

Sering kali saat menyisir ada bagian rambut yang kusut. Kebanyakan orang cenderung menarik bagian kusut tersebut karena mengira dengan begitu rambut jadi mudah diatur.

Padahal menarik rambut yang kusut malah bisa membuat rambut patah. Tak hanya itu, tarikan juga menyebabkan akar rambut stres. Akibatnya rambut jadi mudah rontok.

Lebih baik urai rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya kembali. Selain itu, apabila rambut memang mudah kusut, sebaiknya menggunakan sisir bergigi jarang.

Hindari menyisir dalam keadaan rambut basah. Walaupun terkadang rambut basah mudah disisir, tapi kebiasaan itu juga bisa menyebabkan rambut patah.

2. Menggosok terlalu kuat

Mengeringkan rambut dengan cara melilitkan handuk telah lama diketahui dapat mendatangkan masalah. Hal itu membuat beberapa orang memilih mengeringkan rambut dengan cara menggosokkan handuk.

Sebenarnya cara itu juga bisa menyebabkan kerusakan. Sebab terkadang ada yang menggosokkan rambut terlalu kuat sehingga menimbulkan gesekan dan menarik akar rambut.

Cara terbaik untuk mengeringkan rambut basah adalah menggunakan kain atau kaus yang bahannya lebih lembut. Selain itu, alih-alih menggosok rambut lebih baik lilitkan kain ke rambut dan kemudian peras dengan lembut.

3. Terlalu sering menggunakan catokan

Banyak orang yang memilih menggunakan catokan untuk mengatur rambut. Entah itu catokan yang meluruskan maupun mengeriting rambut.

Sebenarnya tidak masalah menggunakan catokan. Hanya saja hindari penggunaan setiap hari karena suhu panas dari catokan bisa menghilangkan kelembapan rambut.

Selain itu, penggunaan catokan yang terlalu sering juga bisa membuat rambut kering, mudah patah, dan bercabang.

Untuk mengurangi dampak kerusakan dari penggunaan catokan, jangan lupa untuk memakai vitamin atau serum yang melindungi rambut dari suhu panas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/07/184720120/3-kebiasaan-sepele-yang-bikin-kerusakan-rambut-makin-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke