Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Melawan Jerawat, Apa Saja Manfaat Tea Tree Oil?

KOMPAS.com - Minyak pohon teh atau tea tree oil terkenal sebagai salah satu bahan yang bermanfaat untuk menjaga kulit. Kita dapat menemukan berbagai macam perawatan wajah yang mengandung tea tree oil, mulai dari masker sampai penghilang jerawat.

Manfaat tea tree oil yang utama adalah untuk perawatan kulit, tetapi sebenarnya khasiat tea tree oil tidak hanya seputar kulit saja. Penasaran dengan beragam manfaat tea tree oil? Berikut adalah beberapa manfaat tea tree oil.

1. Penyembuhan luka

Manfaat tea tree oil tidak hanya untuk merawat kulit, tetapi juga untuk membantu penyembuhan luka.

Saat terluka, oleskan krim untuk luka yang telah dicampurkan dengan satu tetes tea tree oil sesuai dengan petunjuk dari krim untuk luka yang digunakan.

2. Meringankan gejala psoriasis

Tea tree oil dipercaya mampu meringankan gejala psoriasis, seperti peradangan dan infeksi. Namun, riset mengenai manfaat tea tree oil dalam mengatasi psoriasis masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meskipun demikian, kamu bisa mencoba menggunakan tea tree oil dengan cara mengencerkan satu atau dua tetes tea tree oil dengan minyak lain, kemudian oleskan campuran tersebut ke daerah yang mengalami gejala psoriasis beberapa kali sehari.

3. Mengatasi kulit yang merah dan meradang

Tea tree oil dapat membantu mengatasi peradangan, iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit.

Atasi kulit yang meradang dengan mengoleskan pelembap atau minyak yang telah dicampur dengan satu tetes tea tree oil beberapa kali per harinya pada kulit yang memerah.

4. Melawan jerawat

Perawatan wajah yang menggunakan tea tree oil umumnya adalah perawatan wajah untuk mengatasi jerawat.

Manfaat tea tree oil dalam mengatasi jerawat adalah karena kandungan antiradang dan antimikroba di dalamnya.

Tea tree oil juga dipercaya dapat mencegah jerawat dan menyamarkan luka jerawat. Kita hanya perlu mengencerkan tiga tetes tea tree oil dengan dua ons bunga witch hazel. Gunakan campuran tersebut sebagai toner.

Jika tidak ingin repot, kamu dapat membeli sabun cuci muka, pelembap, ataupun obat jerawat yang mengandung tea tree oil.

5. Mengurangi minyak pada kulit

Kandungan antiseptik dalam tea tree oil mampu mengurangi minyak di kulit. Cukup campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam pelembap, toner, atau tabir surya yang digunakan.

Kita juga dapat membuat masker tea tree oil untuk mengatasi kulit berminyak dengan mencampurkan dua tetes tea tree oil ke dalam tanah liat bentonit.

6. Mengatasi gatal pada kulit

Manfaat tea tree oil untuk mengatasi gatal berasal dari kandungan antiradangnya yang dapat meringankan rasa gatal di kulit.

Kamu dapat mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam pelembap atau minyak dan oleskan pada kulit beberapa kali tiap harinya.

7. Hand sanitizer alami

Kandungan antiseptik, antimikroba dan antiradang dalam tea tree oil membuatnya dapat dijadikan hand sanitizer alami.

Studi bahkan menemukan bahwa mencampurkan tea tree oil ke dalam sabun cuci tangan dapat meningkatkan efektivitasnya dalam melawan bakteri E.coli.

8. Mengatasi kulit kering dan meringankan eksim

Tea tree oil mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi. Manfaat tea tree oil dalam mengatasi kulit kering juga efektif pada penderita eksim.

Kamu dapat menggunakan tea tree oil untuk mengatasi eksim dan kulit kering dengan meneteskan beberapa tea tree oil ke dalam pelembap atau minyak lainnya. Oleskan campuran tersebut pada daerah yang kering seusai mandi dan setidaknya sekali sehari.

9. Deodoran alami

Faktanya, keringat sebenarnya tidak berbau, hanya saja keringat yang telah bercampur dengan bakteri mampu menimbulkan bau tidak sedap.

Manfaat tea tree oil dalam melawan bakteri mampu membantu menjadi deodoran alami untuk memerangi bau ketiak yang tak sedap.

10. Merupakan agen antibakteri dan antijamur

Tea tree oil diketahui menunjukkan aktivitas antimikroba spektrum luas yang bekerja sebagai antibakteri dan antijamur.

Kandungan pada minyak ini menghambat respirasi dan meningkatkan permeabilitas bakteri sitoplasma dan membran plasma ragi.

Brand asal Inggris ini juga menggunakan tea tree oil di produk lain seperti body wash, hand wash, pembersih, toner, pelembab, mattifying lotion, sabun dan lainnya.

Nah produk terbaru yang melengkapi rangkaian ini adalah pelembap Tea Tree in Control Hydrator yang cocok digunakan untuk kulit berminyak dan blemish prone.

Produk ini diformulasikan untuk membuat wajah terlihat bebas kilap setelah memakainya. Meskipun bentuknya krim, namun ketika diaplikasikan, ia akan menjadi cair sehingga mudah menyerap di kulit.

Selain menyeimbangkan kondisi kulit, produk ini berguna untuk menyamarkan pori-pori.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/09/150229220/selain-melawan-jerawat-apa-saja-manfaat-tea-tree-oil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke