Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan "Junk Food", Ini Makanan untuk Perbaiki Mood

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mental bukan hanya perkara mengatasi stres dan membuat pikiran lebih tenang. Tapi harus juga memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan ternyata berdampak langsung pada suasana hati dan mood. Ada jenis makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi hormon agar mood menjadi lebih baik.

Konsumsi makanan yang tepat dapat berdampak langsung pada suasana hati. Dengan demikian bisa mengurangi risiko stres, gangguan kesehatan mental, dan juga mempercepat proses pengobatan.

Beberapa orang mungkin berpikir untuk meningkatkan suasana hati mereka bisa makan junkfood maupun makanan olahan lain yang tinggi garam, gula, dan lemak. Padahal makanan tersebut bisa berdampak negatif pada tubuh dan pikiran.

Lalu, makanan apa yang sebaiknya dimakan?

1. Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah mengandung serat dan berbagai nutrisi serta mineral. Buah juga mengandung gula alami yang dapat membuat suasana hati merasa lebih baik.  Pola makan yang kaya buah dan sayur dapat meningkatkan kesehatan mental.

2. Biji-bijian utuh

Karbohidrat kompleks memiliki efek positif pada produksi serotonin dalam tubuh yang berkaitan dengan suasana hati. Biji-bijian utuh seperti beras merah atau oats, kaya akan karbohidrat, serat, serta nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan mental.

3. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan otak. Jenis makanan ini juga tinggi protein. Akan tetapi daging tanpa lemak harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

4. Ikan

Ikan berlemak seperti tuna dan salmon kaya akan lemak sehat yang bermanfaat bagi otak. Ikan berlemak bisa memberikan manfaat untuk jantung dan pikiran yang sehat.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan ini kaya akan lemak dan vitamin yang sehat serta nutrisi yang baik untuk tubuh dan pikiran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/11/181500520/bukan-junk-food-ini-makanan-untuk-perbaiki-mood

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke