Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kebiasaan yang Ampuh Cegah Flek Hitam

KOMPAS.com – Hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang sering dijumpai jika kita sering terpapar di bawah sinar matahari tanpa memakai tabir surya. Penyebabnya adalah produksi melanin berlebih sehingga menimbulkan noda atau flek hitam di kulit.

Banyak perempuan yang tidak percaya diri apabila kulitnya memiliki flek hitam. Selain paparan sinar matahari, flek hitam juga timbul akibat peradangan pada kulit seperti jerawat, dan juga penuaan.

Memang banyak produk perawatan kulit yang bisa digunakan untuk menyamarkan flek hitam. Tapi, mencegah munculnya flek hitam dengan membangun beberapa kebiasaan tentu jauh lebih baik.

Apa sajakah kebiasaan itu? Simak ulasan berikut ini seperti dikutip Pink Villa.

1. Hindari mengiritasi kulit yang meradang

Saat berjerawat, beberapa orang tergoda untuk terus menyentuh atau bahkan memecahkan jerawat. Padahal kebiasaan itu dapat membuat bekas jerawat besar jadi sulit dihilangkan.

Oleh karenanya, cobalah untuk menahan diri menyentuh jerawat agar kulit tak semakin meradang. Tunggu sampai jerawat hilang dengan sendirinya atau bisa juga gunakan obat khusus jerawat.

2. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan flek dan noda hitam di kulit. Selalu gunakan tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 saat beraktivitas di luar rumah.

Bahkan, SPF juga perlu dipakai di dalam ruangan. Sebab sinar ultraviolet juga bisa menembus kaca, selain itu paparan panas dari lampu atau kompor bisa juga menyebabkan masalah hiperpigmentasi.

3. Jauhi sumber panas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, panas juga bisa memicu terjadinya hiperpigmentasi. Alangkah baiknya untuk menghindari tempat-tempat yang merupakan sumber panas seperti sauna dan pancuran air panas terlalu sering.

4. Rutin konsumsi vitamin C

Vitamin C dapat mengurangi sintesis melanin sehingga mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Selain mencegah flek hitam, vitamin C juga bisa memperlambat datangnya keriput dan membantu kulit memproduksi lebih banyak kolagen.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/12/150000920/4-kebiasaan-yang-ampuh-cegah-flek-hitam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke