Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demam Biasa atau Gejala Covid-19, Adakah Perbedaannya?

KOMPAS.com - Demam adalah salah satu gejala Covid-19. Namun, demam bukanlah gejala spesifik Covid-19 dan bisa merupakan gejala penyakit lainnya.

Di masa pandemi seperti saat ini, seseorang yang terserang demam cenderung dengan cepat menduga dirinya terinfeksi Covid-19. Padahal, dugaan itu belum tentu tepat.

Nah, adakah cara membedakan antara demam biasa atau gejala Covid-19?

Dokter Spesialis Anak dr. Denny Wellyam Sigarlaki, M.Sc, Sp.A menjelaskan, demam bisa terjadi karena beberapa hal, seperti infeksi, masuknya kuman penyakit, virus, bakteri, parasit, dan lainnya.

Hal pertama yang perlu dicari tahu ketika seseorang mengalami demam adalah gejala lainnya.

Pada Covid-19, gejala yang dialami dewasa dan anak kurang lebih sama, yakni demam, batuk, penurunan kemampuan penciuman, sesak napas, bisa disertai diare, dan lainnya.

"Sebenarnya Covid-19 tidak ada (gejala) yang spesifik," ucap dr. Denny dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Pekanbaru, Senin (12/10/2020).

Setelah melihat gejala, cobalah memeriksa riwayat kontak pasien. Misalnya, apakah dia pernah bertemu dengan seseorang yang terkonfirmasi positif dalam waktu dekat, pernah berkunjung ke zona merah Covid-19 dan berinteraksi dengan masyarakat setempat, atau lainnya.

Jika penderita adalah anak, mungkin anak hanya berdiam di rumah selama pandemi. Oleh karena itu ia kemungkinan tidak berkontak dengan seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun, bisa saja ia tertular dari orang yang tinggal satu rumah dengannya. Maka, pemeriksaan kontak dengan anggota keluarga lainnya juga sangat penting.

"Kalau punya daftar riwayat kontak bertemu dengan orang yang terkonfirmasi positif, kecurigaan kita semakin tinggi," ujarnya.

Jika ragu dengan gejala yang ditunjukkan, cobalah berkonsultasi dengan dokter baik melalui telepon maupun konsultasi virtual telemedicine.

Jika memang demam disertai gejala Covid-19 lainnya dan memiliki riwayat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif, segeralah cari pertolongan medis.

Ketika pergi ke rumah sakit, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/12/152747120/demam-biasa-atau-gejala-covid-19-adakah-perbedaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke