Salin Artikel

Manfaat Merawat Tanaman bagi Kesehatan Mental

KOMPAS.com - Saat ini memelihara tanaman sedang menjadi tren, dan banyak orang mulai memburu berbagai jenis tanaman.

Hal ini antara lain terjadi karena pandemi, di mana kebiasaan pergi ke luar rumah juga menjadi berkurang sehingga orang memiliki lebih banyak waktu di rumahnya.

Nah, menariknya, memelihara atau merawat tanaman itu justru punya banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Bahkan, sebuah organisasi nirlaba American Horticultural Therapy Association telah mengadvokasi kekuatan terapeutik dalam merawat tanaman di rumah, industri perawatan kesehatan, dan lingkungan akademisi.

Terapi hortikultura sebenarnya sudah digunakan sejak akhir abad ke-19 ketika bapak psikiatri Amerika, Dr. Benjamin Rush mendokumentasikan efek positif dari tanaman terhadap pasien penyakit mental.

Sampai sekarang, taman terapeutik ada di rumah sakit dan fasilitas perawatan sehingga lebih banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari merawat tanaman.

Lebih lanjut, berikut ini manfaat dari merawat tanaman bagi kesehatan mental yang dilansir dari laman Livekindly.

1. Mengurangi rasa cemas dan stres

Beberapa penelitian kecil telah menganalisis hubungan berada di dekat tanaman dalam ruangan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology menemukan, bahwa berinteraksi dengan tanaman dalam ruangan dapat mengurangi stres secara psikologis dan fisiologis.

Studi lain dari Jepang menyimpulkan, hanya dengan menatap tanaman di meja kerja saja kita dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Jika ingin menambahkan sedikit tanaman hijau ke meja tetapi tidak mendapatkan sinar matahari yang baik, cobalah sesuatu yang tahan cahaya redup seperti tanaman lidah mertua (sansevieria) atau tanaman laba-laba (chlorophytum comosum).

Ada juga bukti bahwa menyimpan bunga di rumah dapat membantu kita merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan stres berkurang.

2. Membangun konsentrasi dan ingatan yang kuat

Mengalami kesulitan fokus di meja kerja saat bekerja di rumah? Berada di sekitar tanaman mungkin baik untuk membangun konsentrasi.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tanaman memiliki efek menenangkan.

Efek tersebut dapat membantu untuk fokus pada tugas dan retensi memori.

Sebuah studi dari University of Michigan menemukan, saat kita menghabiskan waktu di luar ruangan, tepatnya di sekitar tanaman, dapat meningkatkan retensi memori hingga 20 persen.

Tanaman hias juga terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi anak-anak.

3. Mendorong kreativitas

Berinteraksi dengan tanaman dapat membuat pikiran kreatif itu bergerak.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan, bahwa desain biofilik di tempat kerja dapat membantu meningkatkan kreativitas hingga 15 persen.

Memelihara tanaman tidak hanya dapat mengurangi stres, tetapi juga mendorong kita untuk berpikir jernih dan memicu kreativitas di tempat kerja.

Studi lain di tahun 2003 yang dilakukan oleh para peneliti di Texas A&M University juga mengatakan kalau bunga memiliki efek pemicu kreativitas.

4. Mengingatkan produktivitas

Butuh sesuatu untuk tetap termotivasi sepanjang hari?

Memiliki tanaman di beberapa bagian rumah dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan apapun.

Dalam studi di tiga kantor, karyawan mengatakan bahwa mereka merasa lebih produktif ketika ruang mereka memiliki tanaman.

Penelitian ini kemudian dimasukkan ke dalam banyak penelitian lain tentang memelihara tanaman di tempat kerja.

5. Membantu pemulihan

Mengirim bunga atau tanaman kepada seseorang dalam masa pemulihan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan, bahwa pasien operasi dalam masa pemulihan mengalami rasa sakit dan kecemasan yang lebih rendah ketika mereka memiliki tanaman di kamar.

Pasien juga melaporkan perasaan positif tentang ruang pemulihan mereka karena berada di sekitar tanaman dapat meningkatkan suasana hati.

Selain bermanfaat bagi kesehatan mental, tanaman rupanya mampu meningkatkan kualitas udara karena dapat menyaring debu dan memberi lebih banyak oksigen.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/12/182322620/manfaat-merawat-tanaman-bagi-kesehatan-mental

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.