Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengencangkan Payudara Tanpa Operasi Plastik

KOMPAS.com - Bentuk dan ukuran payudara pada tiap wanita berbeda tergantung dari faktor genetik dan perubahan-perubahan fisik yang terjadi sepanjang hidupnya. Cepat atau lambat, payudara kendur pasti terjadi.

Jika payudara kendur mulai terjadi, Anda mungkin bisa mencoba beberapa cara mengencangkan payudara tanpa operasi.

Payudara terbentuk dari jaringan lemak. Dalam jaringan lemak ini, ada lobul atau kelenjar yang di dalamnya terdiri dari lobules yang berfungsi memproduksi air susu ibu (ASI).

Jaringan payudara sendiri tidak memiliki otot. Meski begitu, ada otot dada di balik jaringan payudara yang menopangnya.

Masalahnya, kulit payudara rentan mengalami peregangan sesuai ukuran payudara yang berubah-ubah. Contohnya, ukuran payudara akan membesar dan mengecil jika terjadi kenaikan dan penurunan berat badan.

Demikian juga saat seorang wanita mengalami kehamilan dan masa menyusui, payudara akan membesar kemudian mengecil setelah masa-masa ini lewat.

Berat badan yang sering naik-turun tidak stabil atau kehamilan dan masa menyusui yang terjadi beberapa kali, bisa menyebabkan kulit payudara kehilangan elastisitas dan payudara akhirnya menjadi kendur.

Mengencangkan payudara secara alami

Tanpa tindakan operasi plastik, payudara tidak akan bisa sepenuhnya kembali kencang dan berisi.

Tetapi sederet cara mengencangkan payudara yang alami di bawah ini tetap dapat membantu dalam memperbaiki penampilan payudara Anda:

1. Olahraga untuk memperkuat otot dada

Seperti halnya otot-otot di bagian tubuh lainnya, ukuran otot pektoral dapat diperbesar dengan cara latihan beban.

Membesarnya otot dada sebetulnya tidak akan memengaruhi struktur jaringan payudara. Namun karena dada menjadi lebih kencang dan membesar, payudara juga dapat terlihat agak membesar dan terangkat.

Segala bentuk latihan kekuatan yang menargetkan otot dada bisa membantu memperbaiki penampilan payudara. Jenis latihan otot dada yang paling umum dilakukan meliputi:

Push up

Latihan ini memiliki dasar gerakan yang mudah. Pasalnya, push up bisa dimodifikasi sesuai kemampuan dan dapat dilakukan di mana saja.

Jika sama sekali belum pernah latihan push up, mulailah dengan wall push up. Wall push up dilakukan sambil berdiri dan kedua tangan bertumpu pada dinding.

Jika sudah kuat dan terbiasa, Anda bisa memindahkan tumpuan tangan ke kursi, lalu bertahap sampai akhirnya kedua tangan bertumpu ke lantai seperti push up pada umumnya.

Bench press

Setelah mampu melakukan push up, Anda bisa mencoba latihan bench press. Awali dengan beban yang ringan dulu, misalnya dengan menggunakan barbel.

Pastikan melakukan teknik gerakan dengan benar untuk mencegah terjadinya cedera. Anda bisa minta bantuan pada pelatih profesional pada tahap awal.

Jika teknik Anda sudah benar dan kekuatan otot telah meningkat, tambahkan berat beban agar otot dada lebih membesar.

Dumbbell flies

Variasikan latihan otot dada dengan gerakan ini. Jika push up dan bench press berfungsi melatih otot dengan mendorong beban ke depan dada, dumbbell flies melatihnya dengan gerakan mendorong beban di samping dada.

Gunakan barbel dengan ukuran lebih kecil dan ringan dibanding untuk memulai latihan dumbbell flies.

2. Perbaiki postur

Kulit payudara terpaksa menahan beban yang makin berat dan jaringan ikat payudara makin tertarik ke bawah. Akbatnya, payudara akan tampak makin kendur.

Postur tubuh yang baik bertujuan mengurangi tekanan pada otot dan ligamen dengan mendistribusikan beban tubuh secara lebih merata.

Perbaiki postur Anda dengan mengusahakan agar punggung selalu lurus dan bahu sedikit tertarik ke belakang.

Dengan begitu, dada Anda akan berada di posisi agak membusung. Payudara pun akan tampak terangkat.

3. Gunakan bra dengan ukuran tepat

Ukuran, model, dan jenis bra yang tepat akan sangat membantu dalam memperbaiki penampilan payudara.

Pastikan Anda mencoba bra terlebih dulu sebelum membelinya. Jika mengalami perubahan berat badan dan ukuran payudara, Anda juga sebaiknya membeli bra baru dengan ukuran dan model yang tepat.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi

Kecukupan nutrisi, vitamin, dan mineral akan menjaga kelenturan kulit, termasuk kulit payudara, agar tidak cepat kendur.

Menurut ahli, makan sehat juga bertujuan menjaga berat badan yang normal serta stabil. Jika berat badan Anda terlalu sering berubah, ukuran payudara juga ikut membesar dan mengecil sehingga lekas kendur.

5. Posisi tidur telentang

Cara tidur terbaik untuk mendapatkan payudara yang indah adalah dengan cara tidur telentang.

Cara ini dapat meregangkan payudara kendur agar terlihat lebih kencang untuk jangka waktu yang lama. Hasilnya tentu tidak akan Anda dapatkan dalam satu atau dua malam. Perlahan, hasilnya pun akan lebih terlihat.

6. Gunakan masker payudara

Tidak hanya wajah, payudara juga harus dioleskan masker untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami untuk mengencangkan payudara kendur dari bahan dasar telur, minyak vitamin E, dan timun.

Cara-cara mengencangkan payudara tersebut tidak terlalu sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan?

Bagaimanapun caranya, kita tidak akan bisa melawan proses penuaan dan perubahan fisik. Namun gaya hidup sehat dan seimbang, serta olahraga bisa membuat proses penuaan berjalan lebih lambat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/13/134011020/6-cara-mengencangkan-payudara-tanpa-operasi-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke