Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanda Pasangan Mungkin Sedang Naksir Orang Lain

KOMPAS.com - Mengetahui pasangan kita sedang jatuh cinta dengan orang lain mungkin akan sangat mengejutkan. Kita tak selalu bisa melihatnya secara jelas, karena beberapa orang begitu pandai menyembunyikan apa yang sedang terjadi.

Namun, bagi kebanyakan orang, jatuh cinta adalah proses yang tidak terjadi dalam semalam.

Ketika pasangan kita sedang naksir orang lain, para ahli mengatakan, kita mungkin akan melihat beberapa perubahan kecil yang ditunjukkannya secara disadari maupun tidak.

Pakar Hubungan dan Psikoterapis berlisensi, Mariel Mangold, LCSW, kita harus pandai mengamati tanda-tanda tersebut.

"Jika kamu menunggu tanda-tanda yang mencolok, mungkin kamu akan kehilangan tanda-tanda kecil yang sebetulnya sudah ditunjukannya," ungkapnya, kepada Bustle. 

Namun, ingatlah bahwa kamu tak perlu menyalahkan diri sendiri jika gagal melihat tanda-tandanya atau tidak perlu juga mencoba mencari tanda-tandanya ketika sebenarnya tidak ada.

Jika kamu merasa hubunganmu baik-baik saja, tidak mencari-cari masalah adalah sesuatu yang sehat. Namun, jika secara jelas kamu bisa melihat tanda-tanda berikut, mungkin memang pasanganmu sedang naksir seseorang.

1. Mengambil jarak denganmu

Menurut Pelatih Kehidupan dan Cinta, Diana Mikas, tanda pertama bahwa pasangan sedang naksir orang lain adalah dia seperti menjauhimu.

Bisa saja, mereka juga mengambil jarak denganmu secara fisik. Misalnya, bermesraan mungkin tidak sesering dulu.

Pasanganmu mungkin tidak langsung bersikap dingin padamu, tetapi aktivitas intim seperti memberi ciuman, sentuhan atau berpelukan mungkin jadi terasa aneh bagimu.

Jarak mungkin juga terlihat dalam cara pasanganmu berbicara kepadamu. Misalnya, mereka berhenti memuji atau memanggilmu dengan nama khusus seperti biasa, itu bisa mengindikasikan ada sesuatu yang terjadi.

Tentu saja, ada banyak penjelasan lain mengapa kondisi itu bisa terjadi. Jadi, untuk memastikannya adalah cobalah berbicara dengan pasanganmu dan mencoba mendapatkan jawabannya.

2. Lebih egois dan rahasia tentang uangnya

Biasanya pasanganmu mungkin tak masalah jika menraktirmu, namun sekarang dia tiba-tiba terlihat membatasi anggaran atau secara konstan membagi tagihan jika sedang pergi makan denganmu.

Menurut Mikas, itu bisa jadi tanda adanya sesuatu yang berbahaya.

Tapi, dia mungkin saja mengalami perubahan dalam pekerjaan atau situasi keuangannya. Jadi, hal lainnya yang juga harus diperhatikan adalah jika pasangan juga menghabiskan lebih banyak uang untuk makan siang atau malam.

Jika dia tidak menjelaskan mengapa tiba-tiba memiliki batasan pengeluaran tertentu, mungkin dia menyembunyikan sesuatu darimu. Berbicara dengan mereka adalah satu-satunya cara untuk mengetahui jawabannya dengan pasti.

3. Menarik diri secara emosional

Jika pasanganmu sedang naksir orang lain, dia mungkin tidak lagi tersedia secara emosional untukmu seperti dulu.

Ketika kamu bertanya tentang bagaimana harinya, dia mungkin akan menjawab sekenanya dan singkat, seperti "baik-baik saja". Ketika kamu mencoba melakukan percakapan yang lebih dalam dengannya, dia mungkin akan diam dan meminta untuk membicarakannya nanti.

"Seseorang yang selingkuh secara emosional mungkin mulai menarik diri dari hubungan karena merasa bersalah, karena sebetulnya mereka tahu mereka mengkhianati seseorang yang mereka cintai," kata Mangold.

Jika memang pasanganmu sedang naksir orang lain, dia mungkin akan sangat menarik diri karena tidak dapat membicarakan banyak hal denganmu tanpa merasa bersalah. Dia lebih suka merahasiakannya.

4. Menyebut nama orang lain secara konstan

Cobalah pikirkan awal-awal hubunganmu berjalan. Ketika sedang bersemangat, sangat umum jika kamu banyak membicarakan orang yang sedang kamu sukai bahkan termasuk hal kecil yang mereka katakan atau lakukan. Sering kali, kamu tidak bisa menahannya.

Nah, perhatikan apakah kebiasaan serupa dilakukan oleh pasanganmu.

"Jika pasanganmu terus-menerus memikirkan orang lain, dia mungkin mulai membicarakannya kapan pun dia diingatkan tentang orang yang dia sukai itu," kata kepala penasihat di eharmony, Jeannie Assimos.

Pada awalnya, kamu mungkin tidak perhatian dengan hal itu. Sebab, jika kamu berada pada hubungan yang sehat, tentu kamu memperbolehkan pasanganmu berteman dengan orang lain, meskipun kamu tidak mengenalnya. Begitu pula sebailiknya.

Tetapi, jika kamu terus-menerus mendengar nama satu orang yang sama, yang seolah dibesarkan dan disampaikan berulang kali, mungkin ada baiknya kamu mulai waspada.

5. Menolak bergandengan di publik

Hanya menolak bergandengan saja seharusnya bukanlah benar-benar tanda ada sesuatu yang bahaya, kecuali jika itu adalah sebuah perubahan yang drastis.

Namun, jika didukung dengan tanda-tanda peringatan lainnya, ada baiknya jika kamu lebih memperhatikannya.

Menurut Mangold, pada tingkat tertentu pasanganmu mungkin tidak ingin terlihat menjalin hubungan denganmu.

"Jika kamu berjalan berdampingan dan tidak berpegangan tangan, itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika dia mulai berjalan di depanmu, di belakangmu, atau bahkan membuat jarak yang jauh di antara kalian, kamu mungkin perlu bertanya alasannya," kata dia.

6. Mudah tersinggung denganmu

Menurut Assimos, menghabiskan waktu intim dengan pasangan yang sebenarnya tidak kita minati lagi akan membuat frustrasi setelah beberapa saat.

Jika pasanganmu sedang naksir dengan orang lain, menghabiskan waktu bersamamu mungkin mulai terasa seperti pekerjaan rumah yang menyiksa. Oleh karena itu, dia mungkin akan lebih mudah kehilangan kesabaran, lebih mudah frustrasi atau marah bahkan hanya karena hal-hal kecil.

7. Perasaanmu mengatakan ada sesuatu

Kecuali jika kamu memang orang yang mudah curiga, kamu harus selalu mengikuti kata hati.

Jika kamu merasa perhatian pasanganmu seperti teralihkan atau pasanganmu berselingkuh, mungkin perasaan itu benar.

Tetapi, Konsultan Hubungan dan Spesialis Putus Cinta, Chris Seiter menyarankan untuk tidak langsung bereaksi. Sebab bisa saja itu hanyalah pikiran yang lewat.

"Memiliki firasat bukanlah bukti bahwa pasanganmu benar-benar selingkuh. Itu bisa berarti dia memperhatikan orang lain," ungkapnya.

Jika kamu melihat salah satu dari tanda-tanda ini, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berbicara langsung dengan pasanganmu.

Mengasumsikan bahwa dia sudah selingkuh justru dapat memperburuk keadaan. Cobalah untuk mendekati mereka dengan bersikap tenang dan ingin tahu, bukan menuduh.

"Selalu mulai dengan sebuah pertanyaan. Jadilah seseorang yang ingin tahu, bukan seorang algojo," kata Mikas.

Lebih baik kamu bertanya dan berusaha mendapatkan jawabannya segera daripada menkhawatirkan tentang sesuatu yang mungkin terjadi atau tidak.

Setelah kamu mengetahui kebenarannya, barulah kamu dapat memutuskan ke mana harus melangkah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/14/090601920/7-tanda-pasangan-mungkin-sedang-naksir-orang-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke