Salin Artikel

Tips Atasi Jenuh dan Cara Lebih Produktif Saat WFH

KOMPAS.com - Hingga saat ini sebagian besar kantor masih menerapkan kebijakan work from home (WFH). Hal ini mungkin saja membuat sejumlah karyawan mulai mengalami penurunan produktivitas karena sudah jenuh bekerja dari rumah.

Oleh karenanya, penting sekali untuk mengembalikan tingkat produktivitas seperti semula agar hasil pekerjaan optimal. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

1. Membuat daftar pekerjaan

Kunci untuk lebih produktif adalah menuliskan daftar pekerjaan. Akan tetapi, jangan menulis secara garis besarnya saja. Tulis daftar pekerjaaan tersebut dengan lengkap. Mulai dari urutan mengerjakan hingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jangan lupa untuk menuliskan pekerjaan yang memang benar-benar harus segera diselesaikan. Hindari menulis daftar yang terlalu panjang, yang belum tentu dilakukan.

Bisa juga merincikan pekerjaan besar menjadi lebih sederhana. Misalnya pekerjaan yang akan dilakukan adalah menyusun laporan.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan yakni riset, mengolah data, dan melakukan pengecekan. Tuliskan daftar tersebut dengan lebih rinci.

2. Istirahat

Ada orang yang beranggapan istirahat bisa menghambat produktivitas sehingga memaksakan diri untuk terus bekerja. Padahal yang terjadi malah sebaliknya.

Terus menerus terpaku ke layar dapat membuat pikiran menjadi beku. Akibatnya tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan karena sulit untuk berpikir.

Solusinya bekerjalah dengan rentang waktu tertentu kemudian diselingi istirahat. Penelitian membuktikan, fokus pikiran untuk kerja yang optimal hanya 20-40 menit.

Setelah itu pikiran menjadi lebih sulit untuk fokus. Luangkan waktu paling tidak lima menit untuk menyegarkan pikiran agar siap melakukan pekerjaan berikutnya.

3. Lakukan pekerjaan lain

Daftar pekerjaan mungkin diselesaikan lebih cepat sehingga masih ada sisa waktu. Tidak ada salahnya sisa waktu tersebut dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang mungkin tenggat waktunya masih lama.

Menyelesaikan pekerjaan lebih awal tentunya bisa meningkatkan produktivitas dan memberikan manfaat terhadap kinerja yang optimal.

4. Hindari mengecek email terlalu sering

Sering mengecek email dapat menurunkan produktivitas. Penelitian dari University of California Irvine menemukan, pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu sebentar menjadi lebih lama karena melihat email.

Hal ini dikarenakan seseorang butuh waktu untuk kembali fokus mengerjakan tugas yang sebelumnya tengah dikerjakan.

Sebaiknya mengecek email untuk melihat pekerjaan dilakukan di pagi hari atau satu jam sebelum waktu kerja berakhir.

Pekerjaan yang mendesak biasanya tidak dikirimkan melalui email melainkan langsung dikatakan melalui telepon atau pesan pribadi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/14/121010820/tips-atasi-jenuh-dan-cara-lebih-produktif-saat-wfh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.