Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kebiasaan Habis Olahraga yang Bisa Turunkan Berat Badan!

KOMPAS.com - Berolahraga adalah aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Bahkan, membuat tubuh tetap bergerak bisa melatih otot, menambah kebugaran, serta dapat membantu kita meningkatkan sistem imunitas.

Namun, berolahraga saja tidak cukup. Kita harus memasukkan kebiasaan lain ke dalam rutinitas agar bisa menurunkan berat badan.

Untuk itu, kamu sebaiknya tahu kebiasaan setelah berolahraga yang sekaligus dapat membuat berat badan turun dan sehat seperti yang dilansir dari laman Eat This, Not That!

1. Luangkan waktu peregangan

Seorang personal trainer, Brianna Bernard mengatakan, peregangan penting untuk menutunkan detak jantung secara perlahan.

Selain itu, peregangan ringan juga dapat membantu kita baik secara fisik maupun mental saat beralih dari olahraga ke aktivitas sehari-hari seperti bekerja.

2. Minum air

Sangat penting untuk menjaga cairan tubuh setelah berolahraga, apalagi jika aktivitas olahraga yang dilakukan itu berat.

"Minum banyak air untuk rehidrasi dan pengisian bahan bakar dengan kudapan bernutrisi sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan otot," kata Bernard.

3. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Bernard merekomendasikan satu porsi protein tanpa lemak, sayuran, dan karbohidrat kompleks.

"Misalnya, salmon panggang atau satu porsi ubi jalar adalah salah satu pilihan yang bagus," lanjutnya.

Namun, jika setelah berolahraga ada aktivitas lain yang harus segera dilakukan, sebaiknya siapkan protein shake, protein bar, atau buah apel.

4. Mengendurkan otot yang tegang

Meluangkan waktu untuk mengendurkan otot yang tegang ini dapat meningkatkan pemulihan setelah berolahraga dan menjaga tubuh terhindar dari cedera.

"Saya menggunakan bola tenis dan alat mobilitas lainnya untuk mengendurkan otot yang tegang, memperbaiki postur, stabilitas, serta meningkatkan kelenturan," terangnya.

5. Hindari makanan yang diproses tinggi

Sekantong keripik mungkin terdengar seperti camilan yang menggoda setelah latihan keras.

Sayangnya, makanan yang diproses tinggi seperti itu tidak akan membantu mengisi bahan bakar tubuh dan membantu pemulihan otot.

"Setelah latihan yang intens, tubuh membutuhkan nutrisi untuk mengisi kembali otot, persendian, tendon, dan organ lain," kata Bernard.

"Makan segenggam kue, biskuit, pretzel, popcorn, atau makanan cepat saji akan menghalangi pemulihan. Kita perlu makan protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks untuk membangun otot maupun membakar lemak," sambung dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/15/050500720/ini-kebiasaan-habis-olahraga-yang-bisa-turunkan-berat-badan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke