Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Pakai Pelembap Sehabis Menggunakan Sheet Mask?

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan sheet mask atau masker wajah berupa lembaran tisu menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak diminati.

Sheet mask mengandung essence dan bahan aktif lainnya yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, sheet mask juga bisa memberikan kekenyalan pada kulit.

Cara penggunaan sheet mask pun cukup mudah, yakni hanya ditempelkan ke wajah selama 15-20 menit.

Dermatolog dr Ricky F. Maharis, SpKK menjelaskan, sheet mask yang bersifat melembapkan bisa digunakan setiap hari.

“Sheet mask bisa digunakan setiap hari dengan menyesuaikan kondisi kulit. Sebab kondisi kulit bisa berubah-ubah, jadi harus tahu kebutuhannya apa.”

Begitu kata Ricky dalam diskusi kecantikan virtual yang diselenggarakan belum lama ini.

Dia menambahkan, setiap produk perawatan kulit memiliki risiko menimbulkan komedo atau menyumbat pori-pori. Oleh karenanya, setiap orang harus mengenali kondisi kulitnya sebelum memakai produk tertentu.

Selain itu, tidak semua sheet mask memiliki fungsi yang sama. Ada sheet mask yang mengandung acid dan bertindak sebagai eksfoliator.

Untuk tipe sheet mask seperti ini tidak disarankan penggunaan setiap hari. Alasannya karena bisa membuat kulit iritasi dan kemerahan.

Ricky juga mengatakan, sheet mask sebaiknya digunakan malam hari sebelum tidur agar penetrasi bahan aktif ke kulit menjadi lebih optimal. Dengan begitu efek melembapkannya pun akan lebih baik.

Selain sheet mask, produk perawatan kulit yang biasa digunakan untuk menghidrasi kulit adalah pelembap. Lantas, apakah sehabis memakai sheet mask kulit tetap membutuhkan pelembap?

Menurut Ricky hal ini tergantung dari tipe kulit masing-masing orang. Apabila tipe kulitnya sangat kering, maka tidak masalah memakai pelembap sehabis menggunakan sheet mask.

“Tapi kalau kulitnya berminyak dan rasanya sudah cukup terhidrasi dengan sheet mask enggak pakai pelembap juga enggak apa-apa,” imbuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/21/190736320/perlukah-pakai-pelembap-sehabis-menggunakan-sheet-mask

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke