Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sederet Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Wajah

KOMPAS.com – Madu bukan hanya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh tapi juga memiliki efek terapeutik dan kecantikan bagi kulit. Sifat antibakteri dari madu diyakini mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Madu juga mengandung antioksidan dan efek menenangkan pada kulit. Madu membantu mencegah jerawat, mengatasi noda hitam, kulit berminyak, menghilangkan komedo, serta mencegah penuaan kulit.

Tak hanya itu, penggunaan madu dalam perawatan kecantikan cocok untuk semua jenis kulit. Entah itu kulit berminyak, kulit sensitif, maupun kulit kering.

Untuk kulit sensitif, efek menenangkan dari madu membantu mengatasi kulit yang iritasi serta masalah lainnya. Sedangkan untuk kulit kering, madu kaya akan nutrisi yang bisa membantu menghidrasi kulit agar lebih lembap.

Akan tetapi, tidak semua jenis madu bisa memberikan manfaat optimal pada kulit. Hal ini tergantung dari bunga yang dihisap oleh lebah untuk menghasilkan madu.

Oleh karenanya, pemilihan madu sebelum digunakan untuk perawatan kecantikan sangatlah penting. Madu thyme dan madu Manuka bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kedua jenis madu tersebut mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

Berbicara soal perawatan, madu juga lazim digunakan sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami. Masker ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menyesuaikan jenis kulit.

Apabila kulitmu berminyak dan memiliki noda hitam, buatlah masker menggunakan tiga sendok madu ditambah satu sendok bubuk kayu manis.

Bisa juga membuat masker dengan cara mencampurkan tiga sendok madu dan satu sendok green clay. Green clay dapat mengecilkan pori-pori dan membuat kulit tampak halus.

Setelah campuran masker alami dari madu siap, oleskan ke wajah secara merata. Pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Diamkan masker selama kurang lebih 10-20 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, masker madu bisa digunakan seminggu sekali.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/22/174057120/sederet-manfaat-madu-untuk-kecantikan-kulit-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke