Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

KOMPAS.com – Bunga mawar identik dengan cinta yang membara, namun dalam dunia kecantikan bunga berduri ini merupakan penyelamat bagi kulit. Dimanfaatkan sejak era Cleopatra, hingga kini produk perawatan kulit yang menggunakan ekstra bunga mawar tetap digunakan.

Bagian bunga mawar yang dipercaya berkhasiat bagi kecantikan adalah kelopaknya. Dari kelopak ini akan dihasilkan air mawar (rose water) atau pun minyak mawar (rose oil).

Air mawar secara tradisional disuling dari bunga mawar. Minyak esensial mentah yang ditemukan pada tumbuhan, termasuk mawar, terbuat dari komponen yang menyukai air dan menyukai minyak.

Ketika kelopak mawar disuling untuk membuat minyak esensial dan air mawar (hidrosol), komponen yang menyukai air masuk ke dalam air menjadi hidrosol, dan komponen yang menyukai minyak, yang tidak larut dalam air, menjadi apa yang kita sebut sebagai minyak esensial mawar.

Karena jumlah komponen aktif yang terkandung dalam air mawar jauh lebih rendah daripada minyak esensial, air mawar akan jauh lebih lembut pada kulit dan sistem saraf.

Beberapa penelitian bahwa air mawar mengandung antioksidan, memiliki sifat antibakteri, menutrisi, dan memiliki sifat pereda stres.

Untuk alasan ini, air mawar sering digunakan dalam kabut wajah untuk melembabkan dan "mempercantik" kulit. Aromanya juga sering digunakan untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan perasaan cinta diri.

Wardah

Manfaat dari mawar itu juga bisa kita dapatkan dalam produk Signature Series Wardah terbaru, yaitu Wardah Hydra Rose.

Brand Manager of Wardah Face Care, Riva Malida Fadilah, mengatakan rangkaian terbaru ini telah melalui proses riset selama 10 tahun.

Terdiri dari sabun pembersih wajah, toner, serum, krim siang dan krim malam, Riva mengatakan, keistimewaan dari produk ini adalah memberi kelembaban dan memperbaiki lapisan kulit.

“Ini merupakan inovasi Wardah, perpaduan fungsi hydrating dan moisturizing dalam satu skin care,” kata Riva.

Ia menambahkan, jenis bunga mawar yang dipilih untuk rangkaian ini adalah Avalanche Rose dari Eropa. Helaian kelopak mawar ini bisa kita lihat dalam produk tonernya.

“Kami menggunakan petal bunga mawar cukup banyak dan dimasukkan dalam botolnya supaya manfaat dari mawarnya tetap ter-infuse,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/27/092610020/mengenal-manfaat-air-mawar-untuk-kecantikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke