Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengatasi kecemasan dan stres di masa pandemi ini. Salah satu yang terbukti cukup efektif adalah menulis jurnal atau "diary".

Faktanya, menulis jurnal ( journaling) ternyata dapat memberikan kita ruang khusus untuk memproses kejadian-kejadian yang kita alami dan menuangkan kecemasan yang ada di dalam pikiran.

Tanpa disadari, menulis jurnal bisa menjadi cara mengidentifikasi alasan kenapa kita merasa cemas. Setelah akar kecemasan dikenali, jurnal akan meningkatkan metakognisi dan kesadaran diri.

Pada intinya, journaling mampu memberikan ruang dan waktu untuk menampung perasaan yang terkait dengan pikiran yang menimbulkan rasa cemas, sekaligus mengurangi bentuknya menjadi sebuah tindakan. 

Waktu memulainya

Seorang psikolog Rebecca Mannis merekomendasikan orang-orang menulis jurnal di waktu yang mereka inginkan, asalkan kebiasaan ini menjadi rutinitas setiap hari.

Sebab, setiap orang memiliki waktu dan tujuan yang berbeda dalam menulis jurnal. Maka, sesuaikan saja dengan pribadi masing-masing.

Dalam proses menulis jurnal, kita didorong untuk bersikap baik dan sabar dengan diri sendiri saat menuangkan apa yang dipikiran dan dirasakan.

Bukan pengobatan kecemasan

Penting juga untuk diperhatikan, meskipun menulis jurnal bisa efektif dalam mengelola kecemasan, tetapi ada banyak hal lain yang dapat dilakukan.

Menulis jurnal juga bukan bentuk pengobatan dari rasa cemas atau depresi. Jika kita sudah mulai merasakan cemas yang berlebihan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahli atau perawatan yang lebih profesional.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/27/185845420/jangan-remehkan-manfaat-menulis-jurnal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke