Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Perhiasan Putri Diana yang Dipakai Meghan Markle?

KOMPAS.com - Ketika Putri Diana meninggal pada tahun 1997, ia mewariskan semua perhiasan miliknya kepada Pangeran William dan Pangeran Harry, untuk nantinya diberikan pada calon istri mereka.

Kini William dan Harry memberikan perhiasan mendiang ibunya, untuk istri mereka masing-masing yakni Kate Middleton dan Meghan Markle.

Meghan Markle misalnya, terlihat mengenakan cincin aquamarine ikonik milik Putri Diana saat pernikahannya dengan Pangeran Harry.

Namun ini bukanlah satu-satunya perhiasan milik Diana yang dipakai Meghan. Berikut adalah deretan perhiasan miliki mendiang Putri Diana yang digunakan Meghan.

1. Cincin aquamarine

Alexandra Michell, ahli permata di Prestige Pawnbrokers of Channel 4’s Posh Pawn, menjelaskan, cincin ini memiliki nilai sejarah, yakni sebagai cincin pertunangan pengganti, setelah Putri Diana bercerai dari Pangeran Charles.

Putri Diana mengenakan cincin itu pada 1990-an, dan kini cincin itu diperkirakan dibanderol dengan harga Rp 1,9 miliar.

Cincin aquamarine yang menakjubkan ini pertama kali muncul di jari Putri Diana pada akhir tahun sembilan puluhan, ketika dia menugaskan Asprey untuk membuatnya menggunakan batu yang merupakan pemberian teman baiknya, Lucia Flecha de Lima.

"Diapit oleh berlian yang dipotong trapeze, campuran dari emas kuning, dan emas putih, aquamarine yang dipotong zamrud itu diperkirakan 30 karat, dan seperti kebanyakan aquamarine berkualitas tinggi, ia bersih dan memiliki warna yang kuat dan merata,” ujar Alexandra.

Dia menjelaskan mendiang Putri memilih batu yang cocok dengan gelang aquamarine dan mutiara lima untai, yang merupakan hadiah dari keluarga kerajaan.

"Jika karya ini dipresentasikan di lelang hari ini, dan dengan cerita yang tidak biasa di belakangnya, saya kira karya ini akan bernilai lebih dari 100.000 poundsterling (Rp 1,9 miliar),” kata Alexandra.

2. Jam tangan Cartier

Hal ini terlihat dari foto hitam-putih untuk mempromosikan TIME100 Talks awal bulan ini, dimana Meghan mengenakan arloji bersejarah tersebut.

James Constantinou, pendiri Prestige Pawnbrokers, berkata, "Arloji Tank Francaise kecil Cartier milik Diana terbuat dari emas kuning 18 karat. Ini adalah jam tangan klasik dan tak lekang oleh waktu, serta merupakan perhiasan fungsional,” ujar James.

"Diana juga memiliki Tank Louis yang lebih bulat, tetapi berhenti memakainya di awal tahun 80-an,” imbuhnya.

Jam tangan itu adalah hadiah dari ayah Putri Diana untuk ulang tahunnya yang ke-21, dan diperkirakan telah dibeli seharga 17.800 poundsterling atau setara dengan Rp 340 jutaan, pada saat itu

Namun kini, nilai dari jam tangan itu telah meroket.

“Hubungan dengan figur publik terkenal yang dikagumi biasanya mendatangkan (kenaikan) dalam hal nilai,” ujar James.

Terlebih, hubungan jam tangan ini dengan sosok Putri Diana, yang membuat harganya semakin tinggi.

"Saya memperkirakan jam tangan itu bisa terjual lebih dari 500.000 poundsterling (Rp 9,5 miliar),” kata James.

3. Gelang safir

Gelang ini digunakan Meghan dengan celana panjang berwarna gelap dan kemeja putih, saat menghadiri sebuah acara kerajaan usai cuti melahirkan.

James menggambarkan gelang itu sebagai gelang torsi yang fleksibel.

“Mencolok dengan tampilan datar spiral dalam emas kuning 18 karat, berhias safir biru tua berbentuk cabochon di setiap ujungnya,” ujarnya.

Gelang ini semakin cantik dengan deretan pavé set berlian kecil yang bertatahkan emas putih.

“Perhiasan yang pernah dimiliki oleh Diana, Princess of Wales, itu diperkirakan bernilai antara 4,000 - 6,000 poundsterling (Rp 76 juta- Rp 114 juta).

4. Anting kupu-kupu

Meskipun anting-anting itu mungkin kecil, harganya mahal. James memperkirakan nilainya akan berkisar 50.000 poundsterling (Rp 957 juta).

“Anting-anting emas kuning kupu-kupu yang manis, berhias berlian dan safir ini satu set dengan kalung,” katanya.

“Sayangnya, kami tidak tahu dari mana asalnya, tetapi koleksi ini terlihat pertama kali pada pertengahan 1980-an, ketika Diana sedang tur ke Kanada,” imbuhnya,

James menjelaskan bagaimana permata dan perhiasan milik Diana melengkapi gaya Meghan.

”Potongan-potongan ini adalah gaya yang bisa dikenakan dengan santai atau dengan cara yang lebih formal, yang cocok untuk Meghan,” katanya.

Ia juga memuji cara Meghan memilih pakaian sehari-hari yang cenderung kasual.

“Dipakai dengan celana jins dan kemeja, jam tangan cartier masih menonjol sebagai karya bintang, dan anting kupu-kupu menambahkan sedikit kilau halus untuk menonjolkan pakaian yang santai,” ujarnya.

"Namun, jika dikenakan dengan gaun koktail hitam sederhana, perhiasan itu juga akan menjadi definisi gaya sederhana dan klasik, yang mengingatkan pada Diana,” lanjutnya.

Setelah kematian Putri Diana, Pangeran William dan Harry mewarisi tiga perempat dari harta senilai 21 juta poundsterling (Rp 402 miliar) dan seperempat lainnya jatuh ke tangan 17 anak baptis Diana.

Dalam "surat keingianan” khusus, Diana menjelaskan bahwa dia akan menyerahkan perhiasannya kepada calon istri putranya.

Surat itu berbunyi: "Saya ingin memberikan semua perhiasan untuk  putra-putra saya, agar istri mereka, pada waktunya, memiliki atau menggunakannya,” bunyi surat itu.

"Aku menyerahkan pembagian perhiasan yang tepat pada kebijaksanaanmu,” lanjut Diana dalam surat tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/28/085511820/apa-saja-perhiasan-putri-diana-yang-dipakai-meghan-markle

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke