Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menggunakan E-Bike, Tidak akan Tertinggal Lagi Saat Bersepeda Bersama

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersepeda menjadi aktivitas yang banyak dilakukan saat ini. Hampir semua orang seolah keranjingan bersepeda. Tidak heran bila kita sering mendapat ajakan untuk bersepeda bersama-sama.

Masalahnya, kemampuan dan ketahanan orang berbeda-beda. Ada yang bisa gowes selama berjam-jam. Ada juga yang lebih suka bersepeda tipis-tipis.

Akibatnya, saat bersepeda berkelompok, seringkali ada orang yang memaksakan diri agar tidak ketinggalan, dan hal ini sebenarnya bisa berbahaya.

Nah, bila kamu termasuk orang yang ingin bersepeda tapi tidak mau terlalu memaksakan diri, ada pilihan sepeda untuk keperluan tersebut. Pernah dengar soal E-Bike?

Electric bike atau sepeda listrik adalah sepeda yang bisa melaju dengan tambahan tenaga listrik. Sepeda yang dulu dikenal sebagai pedelec (pedal electric bicycle) ini digerakkan dari perpaduan kayuhan kaki dan energi listrik dari baterai.

Tambahan energi listrik akan memberi tenaga tambahan pada kayuhan sehingga pesepeda dengan mudah bisa menambah kecepatan, atau menghemat tenaganya.

Ini bukan berarti E-Bike tidak memberi manfaat olahraga lho. Sepeda ini tetap harus dikayuh, hanya saja tenaga kayuhan bisa ditambah dengan energi listrik yang dihasilkan oleh baterai pendukung.

Nah, dengan tambahan tenaga itu, pengendaranya bisa bersepeda lebih jauh dan lebih cepat, tanpa harus memaksakan diri. Mereka juga akan terhindar dari risiko ketinggalan rombongan.

E-Bike terbaru dari Polygon

Sepeda ini memiliki bentuk yang menarik sehingga cocok digunakan untuk cara bersepeda yang sedang tren, yaitu bersepeda dengan gaya.

Gili Velo tidak seperti sepeda balap, sepeda lipat, atau sepeda gunung. Ia memiliki desain tersendiri yang cocok untuk commuting maupun jalan-jalan santai di perkotaan.

Namun jangan salah, sepeda ini bisa melesat dengan cepat, bahkan di jalanan menanjak sekalipun.

Bentuknya yang kecil cocok juga untuk di rumah minimalis, apartemen, ataupun melewati macetnya jalanan kota di Indonesia.

Gili Velo dilengkapi baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 7Ah 252WH. Baterai ini dilengkapi sertifikasi ISO13849 untuk memastikan keamanannya.

Standart ini mencakup perlindungan anti meledak dalam kondisi apapun dan memiliki limbah yang lebih ramah lingkungan dibanding baterai lain.

Baterai ini juga tahan air sehingga aman digunakan saat hujan atau melewati genangan air, asalkan tidak terendam dalam waktu lama.

Dalam mode menyala, baterai dapat digunakan bersepeda hingga sejauh 80 kilometer. Ia memerlukan waktu charge atau isi ulang sekitar 4-6 jam.

Tapi pengendara juga bisa mengayuh seperti sepeda biasa tanpa menyalakan tenaga listrik tambahan. Dengan cara ini, baterai akan bertahan lebih lama.

Bila pengendara ingin memakai tenaga tambahan dari baterai, maka ia bisa memilih mode yang diinginkan. Pada Gili Velo terdapat 5 variasi power assist.

  • Variasi 1 : gunakan pada saat bersepeda santai atau saat ingin melakukan penghematan terhadap konsumsi baterai. Mode ini memiliki power assist atau tambahan tenaga yang paling kecil, namun sudah terasa pada tiap kayuhan.
  • Variasi 2 : Pada mode ini pasokan tenaga listrik sedikit bertambah, namun konsumsi arus baterai masih tergolong sedikit.
  • Variasi 3 : Pada mode ini tambahan tenaga terbilang pada level medium dan cocok digunakan untuk bersepeda komuter di dalam perkotaan. Pengendara akan merasakan tambahan daya dorong cukup besar setiap kali mengayuh pedal.
  • Variasi 4 : Mode dimana tambahan tenaga cukup besar dan konsumsi arus baterai semakin besar pula.
  • Variasi 5 : Mode dengan tambahan tenaga paling besar dan torsi terasa paling kuat. Cocok untuk berkendara melewati jalan menanjak. Kamu bahkan akan terkejut dengan betapa mudahnya sepeda ini melibas tanjakan. Nyaris seperti tanpa usaha. Namun pada level ini, konsumsi arus baterai paling besar.

Saat menggunakan tenaga power assist yang besar, pengendara harus menyadari bahwa setiap kayuhan akan membawanya melesat, sehingga sebaiknya penambahan tenaga dilakukan secara bertahap.

Karena alasan itu pula, Gili Velo dirancang agar memiliki kendali yang stabil dengan performa pengereman yang akurat sehingga mudah dikendarai.

Sepeda kaum urban

Seperti sudah disebut sebelumnya, desain Gili Velo disesuaikan dengan pemakaian perkotaan, baik dari segi gaya maupun fungsi.

Mereka yang ingin mengendarainya bahkan bisa tampil penuh gaya karena kamu bisa memakainya tanpa terlalu berkeringat.

Selain itu, sepeda ini tidak akan menghasilkan polusi atau gas buang karena memakai tenaga listrik atau tenaga kayuhan saja, tergantung pilihan.

Sepeda ini juga cocok untuk berolahraga karena memungkinkan pengendaranya terus bergerak.

Dan bagi mereka yang selama ini ragu untuk bersepeda bersama-sama karena faktor tenaga, dengan E-Bike Gili Velo kamu bisa bersepeda bareng teman-teman tanpa takut ketinggalan.

Gili Velo secara resmi dirilis hari Jumat (30/10/2020). Bila berminat, kamu bisa melakukan pre order untuk sepeda yang dijual seharga Rp 14.500.000 ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/30/050500020/menggunakan-e-bike-tidak-akan-tertinggal-lagi-saat-bersepeda-bersama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke