Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Menghilangkan Lemak di Leher

KOMPAS.com - Lemak yang menumpuk di tubuh akan menyebabkan bentuk badan yang berbeda. Misalnya, lemak yang menumpuk di sekitar area leher membuat wajah terlihat bengkak (double chin). Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Perlu dipahami, kita tidak akan bisa untuk menghilangkan lemak pada area tubuh secara spesifik. Jika Anda melakukan jenis diet tertentu, Anda tidak mungkin hanya berfokus pada lemak pada area wajah atau leher saja.

“Pengurangan lemak pada titik tertentu tubuh tidak akan berfungsi. Kebugaran secara keseluruhan, bukan kelelahan otot kecil, adalah faktor penentu yang lebih kuat dari efektivitas pembakaran lemak tubuh,” ungkap Chris McGrath, pendiri dari Movement First.

Jadi, cara menghilangkan lemak di lehar angkahnya sama dengan cara menghilangkan lemak di seluruh tubuh. Namun, ada beberapa latihan yang bisa diikuti untuk bisa melatih otot agar lebih baik lagi.

1. Defisit kalori
Dilansir dari Yale Scientific Magazine, ada beberapa alasan fisiologis mengapa pengurangan lemak pada area tubuh yang spesifik tidak akan berhasil. Lemak yang terkandung dalam sel lemak ada dalam bentuk yang dikenal sebagai trigliserida.

Namun, sel otot tidak dapat secara langsung menggunakan trigliserida sebagai bahan bakar.
Kondisi ini dianalogikan dengan mencoba menjalankan mobil dengan minyak mentah.

Sebaliknya, lemak harus dipecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas, yang kemudian masuk ke aliran darah.

Jadi, cara menghilangkan lemak di leher yang bisa kita lakukan adalah dengan menurunkan berat badan berlebih. Cara menurunkan berat badan yang sampai sejauh ini masih efektif yaitu defisit kalori.

Jika Anda mengurangi asupan kalori harian sekitar 500 kalori akan menghasilkan sekitar 0,5 kg penurunan berat badan per minggu. Seiring waktu, penurunan berat badan yang konsisten ini menghasilkan lebih sedikit lemak secara keseluruhan. Nah, leher dan wajah sering menjadi beberapa area yang paling terlihat jelas akan melihat penurunannya.

Namun, pastikan Anda menjalani pola makan yang tetap baik. Jangan sampai diet ketat membuat kelaparan karena hal ini bisa merusak metabolisme tubuh.

2. Jaga hidrasi tubuh
Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak kendur atau tampak kendur. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya dua liter air sehari, atau lebih ketika Anda banyak berkeringat atau berolahraga.

Minum banyak air juga membantu mengontrol nafsu makan, yang akhirnya juga membantu menurunkan berat badan.

3. Rutin melakukan peregangan leher
Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer memengaruhi postur tubuh. Masalah umum adalah bahu dan punggung membulat, kepala berkerut, dan leher menonjol ke depan.

Dengan melakukan latihan peregangan leher, Anda dapat memanjangkan otot leher dan melawan postur tubuh yang membuat leher belakang menjadi gemuk.

Bagaimana cara melakukannya? Mulailah dengan duduk tegak di kursi. Saat menghembuskan napas, tarik kepala dengan lembut, tarik kembali dengan gerakan seperti kura-kura. Turunkan dagu ke dada, regangkan otot di belakang leher.

Tarik napas dan angkat kepala, tarik dagu ke atas untuk meregangkan otot leher depan. Lakukan tiga repetisi dengan menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara perlahan.

Cara untuk meregangkan otot di sisi leher, Anda bisa memutar kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Lakukan peregangan ini setiap hari, maka bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher belakang.

4. Latihan mengencangkan leher
Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh wanita adalah lemak di leher dagu yang menumpuk. Hal ini menyebabkan wajah terlihat lebih tembem, atau yang dikenal dengan double chin. Nah, cara untuk menghilangkan lemak di leher dagu bisa dengan latihan mengencangkan leher.

Latihan yang ditargetkan pada area leher dapat mengencangkan otot yang bertanggung jawab untuk menekuk, meregangkan, dan memutar kepala. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Dorong dahi dengan tangan dan dorong kepala ke depan. Memutar kepala dari satu sisi ke sisi lainnya, dan memiringkan kepala ke depan dan belakang, dan dari sisi ke sisi, juga menjadi latihan yang efektif. Lakukan 5-10 repetisi dan tiga set untuk setiap latihan.

5. Latihan kardio

Masih menjadi olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan, latihan kardio juga mampu menjadi cara menghilangkan lemak di leher, lho!

Menurut American Council on Exercise, kita membutuhkan defisit kalori sekitar 500 kalori per hari untuk membakar satu pon lemak per minggu.

Nah, satu jam per hari latihan kardiovaskular, seperti bersepeda, jogging, lari, jalan cepat, berenang, atau HIIT, juga dapat membantu membakar kalori lebih efektif.

Jika Anda meningkatkan intensitas sesi latihan dengan melakukan latihan kardio dengan intensitas tinggi, maka Anda dapat mempersingkat durasi latihan pembakaran lemak. Jadi, sebaiknya tetap sesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing, ya!

Selain latihan kardio, sebaiknya fokuskan juga latihan untuk menambah massa otot atau latihan kekuatan. Hal ini untuk mencegah hilangnya jaringan otot dan meningkatkan massa otot.

7. Selalu pakai sunscreen
Mengapa memakai sunscreen menjadi penting? Terkadang leher bisa terlihat tidak menarik karena kulit mulai mengendur. Nah, sunscreen dapat membantu mencegah dan mengencangkan kulit.

Selain itu, penting untuk mengoleskannya kembali setiap 2 jam, terutama ketika sedang melakukan aktivitas yang berat di luar ruangan. Anda juga sebaiknya menggunakan topi, payung untuk perlindungan ekstra.

8. Tambah asupan protein
Jika Anda sedang menurunkan berat badan dan ingin menghilangkan lemak di leher, coba tambah asupan protein. Sebaiknya, pilih protein tanpa lemak karena bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nutrisi lain, seperti karbohidrat.

Sebagai tambahan, Andajuga bisa minum susu whey protein untuk menambah asupan protein dalam tubuh.

9. Mengunyah permen karet
Ketika kita mengunyah permen karet berulang kali, maka kita melatih otot wajah dan dagu dalam gerakan berulang sehingga mampu menghilangkan lemak berlebih.

Nah, hal ini juga membuat dagu terangkat dan memperkuat otot rahang. Namun, Anda tetap memerhatikan bahwa permen karet mengandung gula sehingga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Konsumsi gula berlebih justru akan membuat berat badan mudah naik.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Parenting.Orami.co.id

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/01/173233220/9-cara-menghilangkan-lemak-di-leher

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke