Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden AS Terpilih Joe Biden dan Kesetiannya pada Ray-Ban Aviator

KOMPAS.com - Tidak diketahui kapan tepatnya Presiden AS terpilih, Joe Biden mulai dikenali lewat ciri khasnya memakai kacamata hitam Ray-Ban Aviator.

Di saat menjadi Wakil Presiden AS mendampingi Barack Obama, kacamata keluaran Ray Ban jenis Aviator sudah menjadi bagian dari item keseharian Biden.

Ketika Biden membuat akun Instagram di tahun 2014, unggahan pertamanya menunjukkan sepasang Ray-Ban Aviator di atas meja kerjanya di West Wing, Gedung Putih.

Tahun lalu, Biden berkampanye dengan gambar di papan penanda yang menampilkan sosoknya memakai kacamata Aviator.

Kemudian, pada Konvensi Nasional Partai Demokrat pekan ini, kacamata tersebut juga terlihat dipakai oleh Biden.

Beberapa hari pasca ia terpilih sebagai calon wakil presiden Obama pada 2008, Wilmington's News Journal menulis Biden berkendara di sekitar Delaware dengan Corvette miliknya sembari mengenakan Ray-Ban Aviator.

Biden begitu terkenal dengan kacamata itu, karena setelan berwarna biru dan navy yang biasa dia kenakan cenderung tidak mencolok.

Berbeda dari Obama yang terbilang kreatif dalam berpenampilan selama menjabat sebagai presiden, gaya Biden tidak banyak berubah sejak ia menjadi tokoh nasional.

Tidak seperti Donald Trump, setelan pakaian Biden pun merupakan well-tailored atau berpotongan rapi.

Saat Biden memadukan kacamata Ray-Ban Aviator dengan jaket bomber dan senyumannya yang lebar, tampilan itu merepresentasikan kepribadian Biden yang aktif.

Joe Biden mengaku dia sudah memakai kacamata Ray-Ban Aviator hampir sepanjang hidupnya.

"Saya memakai kacamata Aviator sejak saya menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi sebagai penjaga pantai," tutur dia kepada Skimm pada 2016.

Kala itu, kolam renang Wilmington melayani pelanggan kulit hitam, dan dalam memoarnya di tahun 2008 berjudul "Promises to Keep", dia mengatakan pengalaman tersebut mengajarinya realitas rasisme.

Di tahun 2017, kolam renang tersebut berubah nama menjadi Joseph R. Biden Jr. Aquatic Center.

Saat seremoni pergantian nama kolam renang itulah, Biden --dengan memakai kacamata Aviator-- menceritakan kisahnya di tahun 1962 kepada orang-orang yang hadir.

Musim gugur tahun lalu, video seremoni pergantian nama kolam renang beredar di internet dan sedikit menghebohkan warganet, terutama saat Biden menceritakan interaksinya dengan anggota geng yang diduga bernama Corn Pop.

Sedangkan dalam memoar Biden, cerita ditulis seolah-olah ada adegan perkelahian layaknya film pesta pantai remaja tahun 1960-an, dengan akhir yang rapi karena Biden meredakan situasi dan meminta maaf kepada Corn Pop.

Ray-Ban Aviator dan Bass Weejun adalah padu padan fesyen klasik di akhir 1950-an dan awal 1960-an di AS.

Padu padan ini juga diterapkan oleh aktor James Dean dan mantan Presiden AS John F. Kennedy. Bedanya, Kennedy memilih kacamata ikonik Ray-Ban jenis Wayfarer, bukan Aviator.

Dengan fakta bahwa Biden lahir di tahun 1942, ia menghabiskan masa mudanya di era terciptanya mitos di AS tentang Camelot dan Rebel Without a Cause, dan agaknya dia tidak bisa lepas dari hal tersebut.

Memang, klaim Biden bahwa dia telah memakai kacamata aviator selama 58 tahun terdengar meragukan. Namun, apa yang dia ceritakan bisa jadi masuk akal.

Ray-Ban pertama kali mengenalkan kacamata Aviator ke publik pada tahun 1937, dan sejak itu kacamata tersebut tersedia dalam berbagai bahan dan warna.

Ray-Ban Aviator yang dibuat sebagai alternatif flight goggle atau kacamata penerbang untuk mengurangi silau, awalnya dipasarkan untuk atlet olahraga.

Kacamata Aviator menjadi mainstream saat dirilis sebagai perlengkapan standar untuk tentara dalam Perang Dunia II.

Setelah perang, kacamata itu terus beredar dan Ray-Ban mengenalkan gaya dan corak warna baru.

Elvis mengenakan kacamata Aviator saat dia mengunjungi Presiden Nixon, dan Gloria Steinem memakai kacamata tersebut selama dia menjadi feminis Amerika paling terkenal.

Robert De Niro mengenakan gaya yang sedikit berbeda, yaitu Ray-Ban Caravan yang berbentuk lebih kotak di film Taxi Driver tahun 1976.

Michael Jackson juga mengenakan Ray-Ban Aviator untuk Grammy 1984 ketika dia memenangkan delapan penghargaan.

Ray-Ban bahkan menjadi ikon remaja 80-an ketika Tom Cruise memakainya di film Top Gun (1986).

Meski termasuk desain masa lalu, namun kacamata jenis aviator masih menampilkan elemen yang keren hingga saat ini. Banyak brand kemudian ikut menghadirkan bentuk ini karena banyaknya peminat.

Sepertinya kacamata jenis aviator sudah menjadi item klasik yang tidak ketinggalan jaman.

Buktinya, enam dekade lalu, Biden memilih Ray-Ban Aviator dan dia terus menggunakannya, meskipun gaya hidupnya berubah. Dan ia masih terlihat keren dengan kacamata itu.

Bukan pilihan yang salah Mr President !

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/10/204313020/presiden-as-terpilih-joe-biden-dan-kesetiannya-pada-ray-ban-aviator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke