Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan 12 November Diperingati sebagai Hari Ayah Nasional

KOMPAS.com - Peringatan Hari Ayah di sejumlah negara memiliki tanggal yang berbeda. Di Indonesia, Hari Ayah Nasional jatuh pada 12 November.

Sebagian besar negara di dunia memperingati Hari Ayah atau Father's Day setiap hari Minggu pekan ketiga pada bulan Juni.

Beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin juga memiliki tanggal yang berbeda. Hari Ayah diperingati setiap 19 Maret yang bertepatan dengan St Joseph's Day.

Terlepas dari perbedaan tanggal, tujuan peringatan Hari Ayah tetaplah sama, yakni memberi penghargaan kepada para ayah atas cinta kasih, perjuangan, dan pengorbanan terhadap anak serta keluarga.

Di Indonesia, penetapan peringatan Hari Ayah masih tergolong baru. Berbeda dengan Hari Ibu yang sudah ditetapkan sejak zaman pemerintahan Ir Soekarno, tepatnya pada 1953.

Usut punya usut, penetapan Hari Ayah Nasional berawal dari peringatan Hari Ibu. Hal ini terungkap dalam situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pada 2014, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dalam rangka memperingati Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah.

Sebanyak 70 surat terbaik yang ditulis oleh peserta dari SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan umum dibacakan dalam acara tersebut.

Di akhir acara, para peserta mengajukan pertanyaan yang mengejutkan panitia. Mereka bertanya kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah karena ingin mengikutinya juga.

Selain itu, mereka juga bertanya kapan peringatan Hari Ayah. Panitia tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena tidak mengetahuinya.

PPIP kemudian mencari tahu soal peringatan Hari Ayah dengan melakukan audiensi ke DPRD Surakarta karena menilai sosok ayah juga penting dalam suatu keluarga.

Mereka turut mencari tahu apakah seseorang atau lembaga dapat menetapkan hari peringatan apabila waktu Hari Ayah belum ditentukan.

Dari penelusuran itu, PPIP tidak mendapat jawaban memuaskan. Akhirnya mereka melakukan kajian dan pemikiran yang cukup panjang.

Ditetapkan di Surakarta

Dua tahun berselang, tepatnya 2016, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta bertepatan dengan hari kesehatan.

Deklarasi yang memiliki semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya" juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT.

Tak hanya deklarasi, ada juga peluncuran buku bertajuk "Kenangan untuk Ayah". Buku tersebut berisi 100 surat yang ditulis anak Nusantara berdasarkan hasil seleksi Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai acara, buku dan piagam deklarasi Hari Ayah dikirimkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat daerah, yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Sejak saat itu, 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/11/153629920/alasan-12-november-diperingati-sebagai-hari-ayah-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke