Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layanan Telemedis Bantu Penderita Diabetes Tak Tertular Covid-19

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, diabetes merupakan komorbid tertinggi kedua setelah hipertensi dalam kasus Covid-19 di Indonesia yang dapat berujung pada kematian.

Hal ini disebabkan oleh gula darah tinggi yang  dapat menurunkan imunitas tubuh, dan memicu virus dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

"Penderita diabetes paling banyak yang berakhir dengan kematian karena Covid-19. Sehingga mereka sebisa mungkin menghindari penularan."

Begitu penuturan Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Prof Dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD dalam media gathering bersama Good Doctor melalui aplikasi Zoom, Senin (16/11/2020).

Berangkat dari fakta tersebut, orang-orang diabetes disarankan untuk tidak berpergian, kecuali ada sesuatu yang sangat penting di luar rumah.

Penderita diabetes bisa melakukan pemeriksaan gula darah dan berkonsultasi dengan dokter endokrinologi atau penyakit dalam secara rutin dengan memanfaatkan layanan telemedis.

"Konsultasi dengan dokter itu penting, supaya penderita diabetes dapat mengetahui cara yang tepat mengobatinya,"  terangnya.

Saat ini, Good Doctor telah bekerja sama dengan Perkeni untuk menyediakan layanan telemedis yang aman sebagai alternatif untuk mencegah transmisi penularan Covid-19, khususnya bagi penderita diabetes.

Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia, Dr Adhiatma Gunawan mengatakan, layanan telemedis ini bisa diakses 24 jam sesuai dengan kebutuhan pasien.

"Kami juga menyediakan fitur agar pengguna Good Doctor bisa membeli obat, baik dengan resep atau tanpa resep," kata dia.

"Kemudian, kalau mau janjian dengan dokter di rumah sakit pun dapat dilakukan secara online supaya tidak menunggu terlalu lama di luar ruangan," sambung dia.

Di samping itu, yang terpenting untuk mengatasi penularan Covid-19 pada penderita diabetes adalah menjaga gula darah tetap stabil, dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan berhenti merokok.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/16/142459020/layanan-telemedis-bantu-penderita-diabetes-tak-tertular-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke