Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Jam Tangan Seiko yang Dipilih Joe Biden

KOMPAS.com - Jam tangan merupakan aksesoris wajib para pria. Namun, bagi para pimpinan tertinggi seperti Presiden Amerika Serikat, arloji yang dipakainya tak sekedar penunjuk waktu, melainkan simbol gaya pendekatan yang dipilih.

Sebagai contoh, Bill Clinton memakai Timex Ironman yang merupakan jam tangan sederhana dan seolah-olah membuatnya setara dengan orang biasa.

Lalu, di saat pengusaha kaya Mitt Romney mencalonkan diri sebagai presiden AS pada tahun 2012 dia lebih sering memakai jam tangan Nixon atau Seiko. Padahal, dia mungkin saja mengoleksi Patek Philippe.

Sementara Donald Trump, yang merupakan pengusaha sukses, biasa memakai Rolex berbalut emas dan Vacheron Constantin Historiques Ultra-Fine 1968 yang harganya melebihi 25.000 dollar AS atau sekitar Rp 353 juta.

Intinya, jam tangan dapat menggambarkan simbol status seseorang.

Namun, jam tangan yang dikenakan Presiden AS terpilih Joe Biden tidak mudah diterjemahkan.

Pasca terpilih sebagai Presiden AS, Biden terlihat dalam sebuah acara dengan mengenakan Seiko 7T32-6M90 Chronograph. Hal ini menimbulkan pertanyaan.

Pasalnya, sejak menjadi Wakil Presiden AS di tahun 2008 mendampingi Barack Obama, Biden dikenal sebagai penggemar jam tangan Omega.

Dua jam tangan Omega seperti Speedmaster dan Seamaster sering dia pakai dalam beberapa kesempatan.

Namun, beberapa minggu terakhir dia tampak mengenakan Seiko 7T32 tersebut di pergelangan tangannya. Misalnya saat berkampanye di kereta api di Pennsylvania, mengikuti debat menghadapi Donald Trump, atau memberikan pidato pertamanya sebagai presiden terpilih, jam tangan Seiko selalu bersamanya.

Seiko 7T32-6M90 Chronograph jauh dari kata biasa dan butuh banyak ahli arloji untuk mengenali jam tangan ini.

Dari segi harga, jam ini hanya dibanderol kurang dari 100 dollar AS atau setara Rp 1,4 juta. Tapi dari segi desain, 7T32-6M90 memiliki tampilan mewah.

Jam ini dilapisi emas di beberapa bagian dan sangat mirip dengan satu varian dari Tag Heuer Link. Lebih tepatnya, jam tangan mewakili apa yang dibutuhkan seorang presiden.

Seperti jam tangan Vulcain Cricket dengan fungsi alarm yang pernah dipakai mantan Presiden AS Lyndon B. Johnson, Seiko 7T32-6M90 juga dapat memenuhi tuntutan politik di era modern.

Tim kampanye

Selain Biden, menarik untuk mencermati pilihan arloji orang-orang dekatnya. Mulai dari Wakil Presiden AS Kamala Harris dan istri Joe Biden, Jill, yang juga mengenakan jam tangan mewah di pergelangan tangannya.

Simak arloji apa yang menjadi pilihan mereka.

1. Seiko 7T32-6M90 (Joe Biden)

Jam tangan Seiko tidak biasanya dipakai presiden AS. Namun, Joe Biden mengikuti presiden AS lainnya yang memilih jam dengan harga terjangkau.

Sebelum Biden, Ronald Reagan memakai Rolex Datejust, Bill Clinton dan George W. Bush dengan jam tangan Timex, dan Barack Obama mengenakan Jorg Gray, yang mana semua jam tersebut terkesan sederhana.

Bisa dibilang, di masa kepemimpinan Biden, jam tangan bermerek Seiko akan sering kita lihat "berkeliaran" di Oval Office di Gedung Putih untuk pertama kalinya.

2. Cartier Ballon Bleu (Kamala Harris)

Dalam sebuah acara, Kamala Harris mengenakan setelan putih Carolina Herrera dengan blus sutra dan jam tangan Cartier Ballon Bleu.

Cartier yang dipakai oleh Harris seolah mengingatkan warga AS akan John F. Kennedy. Sebab, hanya dia satu-satunya presiden AS yang dketahui memakai Cartier.

Entah disengaja atau tidak, Harris seolah membawa Cartier kembali menduduki Gedung Putih.

Ketika Cartier Ballon Bleu pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, jam itu awalnya dikhususkan untuk pria, menurut George Cramer, ahli Cartier yang menulis buku tentang maison Prancis.

Rilisan pertama adalah Ballon Bleu dengan diameter 42-milimeter, sementara rilisan berukuran lebih besar dengan teknologi tourbillon.

"Keduanya adalah jam tangan model pria," kata Cramer, mengutip laman GQ.

Harris mampu menghadirkan sesuatu yang secara tradisional dan historis ditujukan bagi pria, dengan caranya sendiri.

3. Cartier Panthere (Jill Biden)

Sama seperti Harris, Jill Biden juga memakai Cartier, dengan model Panthere. Dengan terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS, maka Jill dipastikan akan menjadi ikon fesyen untuk empat tahun ke depan berkat statusnya sebagai Ibu Negara.

Setiap barang yang dipakai oleh Ibu Negara biasanya selalu menjadi incaran dan terjual habis. Hal itu sudah dibuktikan oleh Michelle Obama dan Melania Trump.

Jam tangan Panthere mengantarkan Jill bergabung dengan klub elit "First Ladies" yang mengolekisi Cartier.

Sebelumnya, Jackie Kennedy pernah memakai Cartier Tank, sedangkan Michelle Obama mengenakan Cartier Tank Francaise.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/16/155919520/makna-jam-tangan-seiko-yang-dipilih-joe-biden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke