Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Minum Teh Mawar, Tak Kalah Harum dari Bunganya

KOMPAS.com - Siapa sangka kalau bunga mawar yang sering kali menjadi simbol cinta dapat dijadikan teh dan bermanfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya itu, teh mawar dipercaya ampuh mencegah kedatangan penyakit karena mengandung antioksidan. Teh ini juga tidak mengandung kafein seperti kebanyakan teh pada umumnya.

Selama ribuan tahun lamanya, bunga mawar telah dimanfaatkan sebagai pengobatan. Ratusan jenis bunga mawar pun dapat dijadikan teh.

Manfaat teh mawar

Soal rasa, ada yang manis dan juga pahit, tergantung dari jenis bunga mawarnya. Berikut manfaat minum teh mawar yang wajib kita coba.

1. Tidak mengandung kafein

Kafein yang dikandung teh memang memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi kelelahan hingga meningkatkan energi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi kafein karena efek sampingnya.

Untungnya, teh mawar tidak mengandung kafein. Bagi yang ingin mengonsumsi teh tanpa kafein, teh mawar dapat menjadi solusinya.

Namun ingat, beberapa produk teh mawar yang dijual di pasaran sudah dibumbui dengan kafein. Maka dari itu, carilah teh mawar yang masih murni tanpa campuran apa pun.

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat minum teh mawar selanjutnya datang dari senyawa antioksidan. Sumber utama antioksidan yang dikandung teh mawar adalah polifenol.

Menurut berbagai studi, mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol dipercaya dapat mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit degeneratif.

Di dalam sebuah penelitian, para peneliti membuktikan bahwa polifenol yang dikandung teh mawar setara atau lebih hebat dibandingkan polifenol pada teh hijau.

Meski demikian, kandungan antioksidan pada bunga mawar tidak dapat terekstrak dengan baik saat direbus dengan air hangat.

Sebuah riset menyatakan, kandungan antioksidan pada ekstrak kelopak bunga mawar dianggap 30-50 persen lebih banyak dibandingkan teh mawar.

3. Mengatasi nyeri haid

Tahukah kamu kalau teh mawar dipercaya bisa mengatasi nyeri haid? Ya, di dalam dunia medis tradisional, teh mawar yang terbuat dari bunga mawar Prancis (Rosa gallica) sering dikonsumsi untuk mengatasi rasa nyeri saat haid.

Sebuah studi yang diikuti oleh 130 remaja perempuan di Taiwan membuktikan, mengonsumsi 2 cangkir teh mawar setiap hari selama 12 hari terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri haid.

Sayangnya, hanya ada satu studi saja yang berhasil membuktikan manfaat minum teh mawar untuk mengatasi nyeri haid. Masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk membuktikan keampuhannya.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Teh mawar dipercaya bisa membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam sistem pencernaan. Selain itu, teh ini juga sering digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare.

Teh mawar dianggap memiliki efek laksatif yang bisa meningkatkan kandungan air pada feses sehingga sembelit dapat diatasi.

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Karena kandungan vitamin C-nya, teh mawar dipercaya bisa memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah infeksi.

Bahkan, teh ini juga dianggap mampu mencegah infeksi saluran kemih karena dapat mendetoksifikasi tubuh dan memiliki sifat diuretik.

6. Meredakan radang tenggorokan

Manfaat minum teh mawar lainnya adalah meredakan radang tenggorokan. Teh ini mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah infeksi dan meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

Kamu juga bisa mencoba menambahkan madu manuka supaya efek penyembuhannya semakin maksimal.

7. Mencegah dehidrasi

Kandungan teh mawar didominasi oleh air. Mengonsumsinya sebanyak 1-2 cangkir per hari dipercaya dapat meningkatkan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh sehingga dehidrasi dapat dihindari.

Manfaat minum teh mawar lainnya

  • Selain berbagai khasiat teh mawar di atas, sebenarnya masih banyak manfaat ekstrak teh mawar lainnya yang belum diperkuat dengan bukti ilmiah, seperti:
  • Mengatasi kejang dan demensia
  • Meredakan stres
  • Mengurangi reaksi alergi
  • Mengandung komponen antibakteri
  • Meningkatkan resistensi insulin
  • Menyehatkan jantung
  • Mengobati penyakit pada organ hati
  • Mengandung komponen antikanker.

Meskipun manfaat-manfaat teh mawar ini sangat menjanjikan, belum ada studi yang bisa membuktikan berbagai manfaat ini.

Cara membuat teh mawar

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan, ada empat jenis bunga mawar yang aman untuk diekstrak, di antaranya:

  • Rosa alba
  • Rosa centifolia
  • Rosa damascena
  • Rosa gallica.

Membuat teh mawar juga relatif mudah, kita hanya memerlukan kelopak bunga mawar yang masih segar atau dikeringkan.

Akan tetapi, pastikan kelopak bunganya tidak mengandung pestisida. Itulah sebabnya kita disarankan untuk tidak membeli kelopak mawar dari toko bunga.

Jika ingin menggunakan kelopak bunga mawar segar, cucilah terlebih dahulu dan rebus dengan 700 mililiter air selama lima menit. Setelah itu, saring dan minumlah teh mawarnya.

Namun, jika ingin menggunakan kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan, kamu hanya perlu mengambil satu sendok kelopak bunga mawar kering dan merebusnya dalam air mendidih selama 10-20 menit. Lalu teh siap dikonsumsi, kamu juga bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/17/195440520/manfaat-minum-teh-mawar-tak-kalah-harum-dari-bunganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke