Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Mengilap

KOMPAS.com— Furnitur kayu bisa ditemui pada hampir semua rumah masyarakat Indonesia. Selain lebih tahan lama, furnitur kayu juga memberi kesan etnik dan alami pada hunian. Kendati begitu, furnitur kayu yang tidak dirawat akan tampak usang dan terlihat buram. 

Furnitur ini membutuhkan perawatan berkala untuk menjaganya agar tetap mengilap dan kuat.

Di pasaran mungkin banyak pembersih dan pemoles kayu komersial yang bisa kamu beli. Tetapi, untuk perabotan dari alam, mengapa kita tak merawatnya dengan bahan-bahan alami juga.

Selain hemat biaya, polesan kayu buatan sendiri relatif lebih aman. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Namun sebelum memoles furnitur, sebaiknya lakukan persiapan berikut ini.

- Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran dari furnitur dengan menyekanya menggunakan kain mikrofiber basah diikuti dengan lap kering.

- Jika terdapat noda pada furnitur, lap permukaannya dengan larutan yang dibuat dari campuran air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring, kemudian keringkan dengan dengan lap. Jangan biarkan air tertinggal di kayu karena itu dapat meninggalkan noda.

Jika permukaan furnitur sudah siap dipoles, buatlah polesnya dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Salah satu cara paling populer untuk membuat poles kayu sendiri adalah dengan mencampurkan cuka putih dan jus lemon dalam perbandingan yang sama ke dalam botol semprot.

Cuka menghilangkan bekas sidik jari, minyak dan kotoran dari kayu, sementara jus lemon berfungsi sebagai disinfektan dan memberikan aroma pada cat kayu. Untuk kayu berwarna gelap, gunakan cuka apel.

2. Kamu juga bisa membuat poles kayu alami dengan mencampurkan dua bagian minyak zaitun dengan satu bagian jus lemon.

Minyak zaitun akan melembabkan dan melindungi kayu dan meresap ke dalam untuk membentuk pelindung. Jangan lupa mengocok campuran sebelum diaplikasikan karena minyak zaitun dan jus lemon memiliki kecenderungan untuk terpisah menjadi dua lapisan.

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa.

Namun yang harus digarisbawahi, sebaiknya kamu membuat campuran dadakan dan jangan simpan campuran tersebut karena dapat berubah berbau tengik.

Buatlah cairan yang cukup untuk saut bulan, dan simpan dalam botol semprot. Hanya buat sedikit yang bisa digunakan dalam waktu satu bulan. Simpan campuran dalam botol semprot.

Sebelum memoles kayu, perhatikan hal-hal berikut:

- Tambahkan sedikit semir atau minyak kelapa buatan sendiri pada kain bersih dan oleskan pada satu bagian furnitur kayu.  Ikuti arah serat kayu dan gosok permukaan untuk mendapatkan kilaunya.  Jika satu bagian telah mengkilap, baru kerjakan bagian yang lain.

- Jangan menggunakan terlalu banyak minyak kelapa atau semir pada furnitur karena permukaan yang berminyak akan membuat debu semakin mudah menempel.

- Semir alami buatan sendiri juga bisa diaplikasikan pada rangka kayu dan alat makan kayu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/18/173747920/merawat-furnitur-kayu-agar-tetap-mengilap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke