Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajah Mirip dengan Pasangan, Benarkah Pertanda Jodoh?

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menemukan sepasang kekasih yang wajahnya terlihat mirip satu sama lain? Atau kamu dan pasanganmu kerap kali dibilang memiliki wajah yang mirip?

Nah, konon katanya pasangan kekasih yang punya wajah mirip pertanda jodoh. Benarkah demikian?

Mungkin sudah beberapa kali kita tidak sengaja melihat pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip. Bahkan, tak sedikit pula yang memperkirakan kalau pasangan tersebut akan berjodoh di pelaminan.

Memang banyak anggapan yang beredar di masyarakat kalau orang yang punya wajah mirip dengan pasangannya pertanda jodoh.

Selain wajah, beberapa sifat, kepribadian, perilaku, dan kebiasaan pun seringkali tidak jauh berbeda. Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Para peneliti pun sudah lama mempelajari fenomena unik ini. Salah satu kesimpulannya, ada unsur kecenderungan yang membuat seseorang lebih memilih pasangan yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Hal tersebut karena manusia memang secara alami akan tertarik kepada orang lain yang mirip dengannya. Proses ini terjadi di dalam alam bawah sadar manusia.

Manusia akan lebih tertarik dengan orang lain yang memiliki kesamaan berupa fisik, hobi, sifat, kebiasaan, dan lain-lainnya.

Maka dari itu, mereka akan merasa lebih mudah untuk saling akrab satu sama lain.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, Inggris, meminta para partisipan untuk memilih dua foto berbeda, yakni masing-masing 1 pria dan 1 wanita.

Selanjutnya, mereka menilai kepribadian orang yang mereka pilih.

Menariknya, sebagian besar partisipan memilih sepasang foto yang ternyata adalah pasangan yang telah menikah cukup lama. Mereka memilih pasangan tersebut karena dinilai memiliki kepribadian yang cenderung mirip.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa dengan memiliki kepribadian yang serupa, membuat pasangan kekasih memiliki wajah yang terlihat mirip.

Tak hanya itu, sebuah studi lain juga menyebutkan bahwa seseorang, baik pria maupun wanita, akan cenderung memilih pasangan yang punya kemiripan wajah dengan orangtua mereka yang berlainan jenis kelamin.

Sederhananya, para anak perempuan akan mencari pasangan yang mirip dengan ayah mereka, serta anak laki-laki akan mencari pasangan yang mirip dengan ibunya.

Lagi-lagi, alasannya karena selama ini manusia lebih tertarik kepada hal yang bersifat familiar.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika pada akhirnya pasangan kekasih yang memiliki wajah mirip seringkali dianggap sebagai pertanda jodoh.

Jika wajahmu dan pasangan tidak mirip, apakah pertanda bukan jodoh?

Kamu tidak perlu berkecil hati apabila kamu dan pasangan memiliki wajah yang tidak mirip, bukan berarti kalian berdua tidak berjodoh, lho.

Seorang peneliti dari University of Michigan pernah mempelajari kasus bahwa pasangan yang sudah lama menikah justru semakin memiliki kemiripan wajah dari hari ke hari.

Peneliti menganalisis foto-foto pasangan yang diambil saat mereka masih menjadi pengantin baru dan membandingkannya dengan foto-foto setelah 25 tahun menikah.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin lama pasangan menjalin hubungan bersama maka akan semakin terlihat kemiripan kepribadian, cara berekspresi, dan kebiasaan satu sama lain.

Bahkan, faktor kebahagiaan bersama juga dapat menjadi pemicu munculnya kesamaan fisik pada diri pasangan.

Pasangan yang sudah lama menjalin hubungan terlihat lebih mirip karena keduanya secara tidak sadar saling meniru ekspresi wajah masing-masing.

Sebagai contoh sederhananya, bila orang memiliki selera humor yang bagus dan banyak tertawa, ia mungkin akan memiliki garis-garis halus di area wajah. Nah, ini akan menular pada pasangannya yang menjadi sering tertawa juga.

1. Memilih pasangan dari lingkungan yang sama

Salah satu alasan paling sederhana yang membuat pasangan kekasih memiliki wajah mirip adalah karena sebagian besar dari mereka memilih pasangan yang berada di lingkungan yang sama.

Misalnya, karena satu sekolah, satu lingkungan pertemanan, satu lingkup pekerjaan, atau satu tempat ibadah.

Melalui seringnya frekuensi pertemuan serta diiringi kesamaan kebiasaan inilah yang kemudian menimbulkan kecocokan antara kamu dan pasangan. Pada akhirnya, cinta akan tumbuh di antara satu sama lain.

2. Memilih pasangan yang mirip dengan diri sendiri

Semakin sering kita melihat sesuatu maka semakin kita akan menyukainya. Kebanyakan orang memutuskan untuk melabuhkan hatinya pada orang yang menurutnya memiliki kemiripan dengan dirinya, baik dari segi fisik maupun sifat.

Memahami dan mengenal diri sendiri membuat kita tanpa sadar menjadikan hal tersebut sebagai patokan dalam memilih pasangan.

Misalnya, kamu menginginkan seseorang yang memiliki bentuk mata, hidung, bibir, rahang, yang mirip dengan dirimu. Atau mereka yang berkacamata mungkin cenderung tertarik pada orang yang juga berkacamata.

Mereka yag berkulit coklat bisa jadi merasa cocok dengan orang yang sama warna kulitnya. Dalam hal ini, bisa jadi orang lebih tertarik berpasangan dengan mereka yang satu suku atau bangsa.

3. Sering melakukan hal bersama

Sepasang kekasih punya wajah mirip setelah melakukan hal bersama dalam waktu yang cukup lama.

Mungkin saja ada sepasang kekasih yang mulanya terlihat tidak mirip sama sekali. Namun, seiring berjalannya waktu, keduanya akan terlihat mirip, cocok, dan tampak serasi satu sama lain.

Hal tersebut bisa jadi akibat sering melakukan hal bersama dalam waktu yang cukup lama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/19/150412220/wajah-mirip-dengan-pasangan-benarkah-pertanda-jodoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke