Salin Artikel

Apakah Krimer Kopi Bisa Merusak Diet?

KOMPAS.com— Untuk mereka yang tak terlalu menyukai kopi hitam, krimer atau coffee creamer bisa menjadi alternatif tambahan untuk membuat kopi lebih nikmat.

Tak hanya semakin nikmat, tambahan krimer juga dapat membuat rasa asam kopi jadi berkurang. Namun, apakah krimer dapat merusak diet yang tengah kamu jalani?

Nikola Djordjevic, MD, seorang dokter keluarga bersertifikat memberikan pandangannya terkait krimer kopi.

Nikola mengatakan, untuk menilai makanan kita harus berpikir lebih holistik (memikirkan secara keseluruhan) terkait kebiasaan makan kita.

"Intinya, semuanya bisa membahayakan kesehatan jika kita meminumnya terlalu banyak," katanya.

"Itulah mengapa hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita adalah menjadi moderat dalam segala hal yang kita lakukan,” imbuhnya.

Jika tetap berpegang pada ukuran porsi satu sendok makan krim kopi per hari, dan diet yang dijalani secara keseluruhan tidak penuh dengan lemak trans dan gula, maka konsumsi krimer dalam jumlah sedang tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, jika kamu mengonsumsi kopi dan krimer lebih dari satu kali per hari, kandungan lemak dan gula yang kamu konsumsi mungkin akan menjadi lebih tinggi.

Ahli gizi Kristen Carli, RD mengatakan, untuk menentukan apakah efeknya baik atau buruk, tanyakan pada diri sendiri berapa banyak yang ditambahkan, berapa cangkir kopi dan krimer yang diminum setiap hari.

“Tergantung pada jenis krimer dan seberapa banyak yang ditambahkan ke kopi setiap pagi, bisa saja kita telah mencapai batas aman konsumsi gula,” kata Kristen.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi jumlah gula tambahan yang kamu konsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria.


Lalu apa sebenarnya kandungan yang ada di dalam kopi krimer?

Nikola mengatakan, sebagian besar krim kopi mengandung air, gula, dan minyak terhidrogenasi yang dikenal sebagai lemak trans.

"Kita mengonsumsi lemak trans saat kita makan produk hewani; namun, jika kita mengonsumsi terlalu banyak lemak trans, LDL (atau kolesterol jahat) bisa naik,” ujar Nikola.

Selain lemak trans, krim kopi beraroma sering kali mengandung gula tambahan yang tinggi, dengan sekitar lima gram gula per sendok makan.

Dalam hal variasi untuk krimer cair atau bubuk, tidak memiliki banyak perbedaan secara kandungan nutrisi.

Alternatif yang lebih sehat

Jika khawatir krimer akan merusak diet, masih  da campuran yang juga enak untuk kopi hitam.

”Ada banyak krim kopi yang bebas lemak, tetapi menggunakan susu tradisional, baik produk olahan susu atau nabati lebih baik," kata Lisa.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/22/125156420/apakah-krimer-kopi-bisa-merusak-diet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.