Salin Artikel

Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Donasikan Saja

KOMPAS.com - Selama banyak beraktivitas di rumah saat pandemi, mungkin kita baru menyadari ada barang-barang yang sudah tidak dipakai dan menumpuk di rumah.

Barang-barang bekas tersebut jangan langsung dibuang. Kita bisa memberikannya pada orang yang membutuhkan. 

Di era media sosial seperti sekarang, dengan mudah kita bisa mencari informasi lembaga yang menerima barang-barang tak terpakai dan masih dalam kondisi bagus tersebut.

Beberapa akun Instagram menyediakan tempat untuk menyalurkan donasi barang bekas dan kegiatan donasi bisa dipantau di akun mereka.

1. Donasi Barang

Kamu bisa mendonasikan barang bekas layak pakai ke @donasibarang. Lembaga ini menawarkan layanan bagi siapa saja yang ingin berdonasi berupa barang yang masih memiliki nilai manfaat dan nilai jual.

Barang yang diterima mulai dari pakaian layak pakai, perabotan rumah, hingga pendingin ruangan. 

Hasil penjualan barang bekas akan digunakan untuk membantu program Cagar Foundation, tujuh cabang Rumah Autis, Sekolah Sakura dan yayasan lain yang membutuhkan.

Lewat akun @donasibarang, mereka mengunggah banyak program yang sudah dijalani, seperti "Program Tangan Budi Ketahanan Pangan Buat Dunia Pendidikan" awal November lalu.

Untuk memberikan donasi, kamu bisa menghubungi nomor telepon yang tercantum di akun @donasibarang atau mengunjungi situs www.donasibarang.org.

2. Sedekahbarangberkualitas

Berikutnya ada wadah sedekahbarangberkualitas (@nyumbang.id). Setiap hasil yang dikumpulkan dari donasi akan digunakan untuk pendidikan gratis berkualitas bagi anak yatim dan kaum dhuafa.

Kamu bisa menyumbangkan berbagai barang bekas, termasuk pakaian, perabotan rumah tangga, atau perangkat elektronik yang sudah tak terpakai.

Informasi lebih lanjut, bisa melihat akun @nyumbang.id atau kunjungi situs www.nyumbang.id.

Selain barang-barang seperti pakaian atau perabotan bekas, kamu juga dapat menyumbangkan minyak jelantah tak terpakai lho.

Siapa saja di area Jakarta, Depok, dan Bekasi dapat mendonasikan minimal tiga liter minyak jelantah kepada tim Donasi Jelantah.

Caranya relatif mudah. Kamu hanya perlu melakukan pendaftaran via direct message (DM) akun Instagram @donasijelantah.

Nantinya, tim Donasi Jelantah akan datang ke alamat rumah untuk mengambil minyak jelantah yang disumbangkan.

Minyak jelantah yang sudah terkumpul akan digunakan untuk kegiatan sosial, salah satunya "Berbagi Makanan untuk Anak Yatim."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/23/162228420/banyak-barang-tak-terpakai-di-rumah-donasikan-saja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.