Salin Artikel

5 Cara Mengenali Pacarmu adalah Jodoh yang Tepat

Namun, sebelum membahas secara spesifik bagaimana mengetahui bahwa kekasih adalah orang yang tepat, kamu harus mengidentifikasi kualitas penting dari hubungan yang baik berikut ini.

Kepercayaan itu mutlak

Dalam sebuah hubungan kamu pasti belajar tentang kepercayaan. Jika beruntung, ini sebagian besar positif, dan kamu merasa aman dengan orang yang bisa diandalkan.

Kepercayaan menyiratkan keandalan, stabilitas, dan konsistensi.

Menjadi dapat dipercaya menyiratkan keterbukaan dan tidak ada yang disembunyikan satu dengan yang lain.

Komitmen

Komitmen adalah janji kepada orang lain untuk berbagi hidup secara penuh dan intim. Itu adalah janji untuk memberikan perhatian, waktu, dan energi sepenuhnya.

Komitmen hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang telah membuktikan bahwa mereka mampu bertahan dalam jangka panjang untuk siap, mau, dan mampu berbagi hidup.

Rasa hormat

Rasa hormat secara harfiah berarti menghargai. Meskipun rasa hormat adalah tentang merefleksikan apa yang telah terjadi, maknanya agak berbeda dengan hubungan yang intim.

Ini tentang saling mencerminkan emosi, perasaan, dan keyakinan. Rasa hormat berarti pentingnya menjaga keyakinan masing-masing.

Komunikasi

Komunikasi dengan cara yang paling sehat berarti mengirimkan emosi, perasaan, dan keyakinan dengan cara yang paling memuaskan untuk tujuan yang sama.

Ketika dapat berkomunikasi dengan bebas, artinya kamu merasa aman untuk mengekspresikan diri sepenuhnya dalam lingkungan yang mendukung, menerima, dan penuh kasih.

Berangkat dari hal itu, ada beberapa alasan yang mampu meyakinkan kalau kekasihmu merupakan jodoh yang tepat.

1. Menjadi diri sendiri

Kamu mungkin terbiasa dengan hubungan di mana satu pasangan mendominasi, tampaknya membutuhkan lebih banyak perhatian, dan akan memanipulasi untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Saat bersama orang yang tepat, kamu akan merasa nyaman menjadi diri sendiri dan dia adalah mitra yang setara.

Meskipun selalu berusaha untuk menghormati, kamu tidak harus "berjalan di atas kulit telur", mengkhawatirkan tindakan atau memerhatikan kata-kata karena takut hal itu akan menyinggung perasaan dia.

Kamu bisa saja tidak setuju dan berdebat dengan dia secara hormat, tetapi pada akhirnya kalian berdua memutuskan untuk menangani konflik untuk dapat mencapai solusi yang konstruktif.

2. Berbagi nilai yang sama atau serupa

Kalian saling menghargai prinsip, gagasan dasar tentang kehidupan, dan berada pada pemikiran yang sama tentang apa yang ingin dicapai selama hidup bersama.

Selain itu, kalian juga menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi hal-hal yang dinikmati berdua, serta memiliki tujuan yang sama dan visi untuk masa depan.

3. Bisa saling menghargai

Meskipun kamu dan kekasih mungkin memiliki banyak kesamaan, kalian tetaplah orang-orang unik yang berbeda dan bertujuan untuk menjaga identitas terpisah dari hubungan.

Kalian mungkin memiliki kepentingan di luar hubungan yang tidak ingin dibagi.

Tentu saja, kamu akan menunjukkan kepribadianmu yang asli ke dalam suatu hubungan.

Dengan kata lain, kamu dan kekasih bisa saling menghargai perbedaan itu dan bagaimana perbedaan itu meningkatkan hubungan kalian.

4. Berproses bersama

Banyak hal berubah dan begitu juga hubungan. Orang yang tepat pastinya akan memahami hal ini dan bersedia bekerja untuk menjaga hubungan tetap memuaskan.

Ini benar-benar satu-satunya cara untuk menangani tantangan hidup bersama.

Pada saat yang sama, saat kamu sedang mengurus pekerjaan, penting sekali untuk tertawa bersama dia, bahkan saat keadaan sangat sulit.

Selain mengerjakan tujuan yang mendukung dan menghormati hubungan, orang yang tepat akan mendorong dan mendukung kamu untuk melakukan hal pribadi lainnya yang tidak kalah penting.

5. Memercayai satu sama lain

Setiap hubungan harus didasarkan pada rasa percaya. Kamu dan dia tentu saja akan saling menceritakan siapa diri kalian sebenarnya tanpa saling merahasiakan.

Kamu juga perlu melihat bagaimana dia memperlakukan orang lain dan kehidupan sosialnya.

Beberapa pengalaman belajar dapat digunakan untuk memahami kompleksitas hidup dengan orang lain seumur hidup.

Di samping itu, kamu harus mempelajari diri sendiri. Siapa kamu, apa yang kamu butuhkan, dan apa yang kamu cita-citakan.

Setelah melakukan itu, mungkin akan jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi kalau kekasihmu adalah jodoh yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/23/200348420/5-cara-mengenali-pacarmu-adalah-jodoh-yang-tepat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.