Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Minuman yang Ternyata Ampuh Atasi Masalah Jerawat

KOMPAS.com – Produk perawatan kulit yang mengadung retinol dan asam salsilat bukan satu-satunya solusi mengatasi jerawat.

Ada minuman tertentu yang apabila rutin dikonsumsi dapat memiliki efek yang sama. Minuman apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Teh matcha

Minuman yang satu ini kaya dengan antioksidan. Salah satunya epigallocatechin gallate (EGCG) yang membantu melawan oksidasi sebum sebelum jerawat terbentuk.

Antioksidan pada teh matcha 137 kali lebih banyak dibanding teh hijau biasa. Oleh karenanya rutin minum teh matcha dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan dari dalam ke luar.

2. Teh kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang telat terbukti memberikan banyak manfaat karena sifat anti-inflamasi, antivirus, antioksidan, dan antijamur.

Dalam Ayurveda, kurkumin digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta kondisi internal dan eksternal tubuh.

Menambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke air panas untuk diminum dapat memberikan manfaat penyembuhan jerawat.

3. Susu kefir

Kesehatan usus sangat terkait dengan kesehatan kulit. Inilah alasannya mengonsumsi minuman yang kaya akan probiotik juga penting untuk kulit.

Probiotik dapat membantu menangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan. Protein laktoferin yang ada di kefir memberikan kekuatan ekstra untuk melawan masalah di kulit.

Dalam suatu penelitian, peserta yang minum susu fermentasi dengan 200 miligram laktoferin setiap hari mengalami penurunan lesi peradangan jerawat hampir 39 persen.

Hasil itu didapatkan setelah peserta rutin minum susu fermentasi selama 12 minggu.

4. Teh spearmint

Dermatolog sekaligus pendiri Epionce Skincare Dr. Carl Thornfeldt mengatakan, minum dua cangkir teh spearmint organik setiap hari dapat membantu mengurangi lesi peradangan jerawat.

Penurunannya mencapai 25 persen apabila teh spearmint rutin diminum selama sebulan. Namun jika teh masih diminum sampai tiga bulan, penurunannya mencapai 51 persen setelah tiga bulan.

Dengan fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan minum teh spearmint mungkin saja lebih efektif daripada pengobatan jerawat pada umumnya.

5. Jus ceri

Saat membicarakan ceri, sebagian besar orang langsung teringat pada buah yang sering dijadikan hiasan di kue tart. Padahal, manfaat ceri lebih dari itu.

Rutin minum jus ceri terutama yang organic dapat memberikan manfaat pada kulit. minuman ini mengandung antioksidan serta vitamin A, B, C, dan D.

Jus ceri juga dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, jus ceri mengandung melatonin yang dapat membantu tidur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/24/080427820/5-minuman-yang-ternyata-ampuh-atasi-masalah-jerawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke