Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memangkas Mawar untuk Jaga Kecantikannya

KOMPAS.com - Bunga mawar tergolong sebagai tanaman yang butuh perawatan khusus. Pemangkasan ranting menjadi bagian penting dari merawat tanaman ini.

Secara umum, orang akan memangkas ranting mawar tepat sebelum tanaman berhenti tumbuh.

Mawar akan mengalami dormansi atau berhenti tumbuh sebagai bentuk reaksi terhadap lingkungan tertentu, seperti cuaca yang mendadak berubah.

Jika kita merawat pohon mawar tua, potong ranting yang mati terlebih dulu, untuk memudahkan kita melihat bentuk tanaman secara utuh.

Karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis, pemangkasan ranting mawar dapat dilakukan dengan cara menyisakan tiga atau empat batang untuk menghasilkan bunga yang lebih besar.

Atau, melakukan pemangkasan sedang dengan memotong lima hingga 12 batang sehingga menghasilkan semak lebih besar.

Sedangkan, pemangkasan ringan (kurang dari sepertiga bagian tanaman) bisa meningkatkan jumlah bunga bertangkai pendek yang akan diproduksi.

Alat pemangkas bunga mawar

Belilah gunting pangkas berkualitas tinggi yang memiliki dua bilah melengkung. Apabila salah satu bilah cenderung datar, maka batang akan hancur, tidak terpotong.

Beberapa gunting kebun memiliki pegangan yang lebih mudah di tangan kita, dan ada model dengan bilah yang bisa dilepas.

Selain gunting pemangkas, kita perlu gergaji pemangkas untuk menghilangkan tangkai berukuran besar. Hal ini akan membantu kita memotong tangkai tanpa merusak tunas.

Alat ketiga yang dibutuhkan adalah gunting setek bergagang panjang untuk tangkai yang lebih tebal.

Jangan lupa membeli sepasang sarung tangan yang kuat atau sarung tangan anti bocor.

Pentingnya memangkas tangkai bunga mawar

Memangkas mawar bukanlah tugas yang sulit. Dan yang terpenting, kita tahu alasan utama memangkas bunga mawar, seperti penjelasan berikut.

1. Kesehatan

Tangkai mawar yang mati atau rusak harus dipotong agar warnanya bisa kembali menjadi hijau sebelum tanaman tumbuh kembali.

Singkirkan tangkai yang layu, dan perbaiki sirkulasi udara dengan membuang tangkai yang tumbuh di bagian tengah tanaman.

2. Penampilan

Mawar yang lebat membutuhkan bantuan untuk mempertahankan bentuknya yang terbuka.

Sementara, mawar jenis heirloom rose butuh lebih sedikit pemangkasan karena penampilannya yang seperti ranting adalah bagian dari pesona mereka.

Mawar mini atau miniature rose tumbuh tinggi dan memanjang. Memotong bunga yang sudah pudar mendorong tanaman untuk mekar kembali.

3. Pengendalian

Beberapa mawar tumbuh liar. Memangkas semak mawar menghilangkan batang dan tangkai yang layu dan mati serta mengurangi ukuran keseluruhan tanaman.

Jaga ukuran tanaman dengan memangkas ujung atau seluruh tangkainya jika diperlukan.

Rose hip atau buah yang berkembang dari bunga mawar, dapat mengganggu siklus bunga mekar jika bunga yang layu tidak dicabut.

Prinsip dalam memangkas mawar

1. Selalu pangkas ranting yang mati. Kita dapat mengenali jaringan hidup dari kulit ranting hijau dan intinya yang berwarna putih.

2. Setelah memangkas tangkai, tutupi bagian tersebut dengan lem putih agar pulih lebih cepat, serta memberikan perlindungan terhadap serangga.

3. Pangkas untuk memastikan bagian tengah semak terbuka sehingga memberikan sirkulasi udara maksimal.

4. Hentikan pertumbuhan tangkai utama yang tidak mampu menopang batang tebal.

5. Waspadai rose sucker, yaitu pucuk yang tumbuh langsung dari batang bawah semak mawar.

6. Potong tangkai mawar yang sudah tua.

7. Setelah memangkas semak mawar, singkirkan dedaunan yang tersisa dari batang dan bersihkan kotoran di sekitar semak.

Cara memangkas mawar

1. Pangkas semak mawar pada sudut 45 derajat, sekitar 1/2 cm di atas poros daun.

2. Pilih mata di bagian luar tangkai dan miringkan potongan ke bawah di sisi berlawanan. Hal ini memungkinkan kelebihan getah alami naik dan menutup luka tanpa mengganggu mata tangkai yang berkembang.

Memotong semak mawar ke kuncup yang menghadap ke luar juga mendorong pertumbuhan mawar di bagian luar, membuka sirkulasi udara, menciptakan bentuk yang lebih baik, tahan penyakit, dan mencegah tangkai kusut.

Pemotongan dengan jarak lebih dekat ke mata tangkai dapat merusak tangkai, dan menjadi tempat berlindung bagi hama dan penyakit.

3. Jika semak mawar memiliki dedaunan, cari mata tangkai yang tidak aktif. Mata tangkai biasanya terlihat sedikit bengkak di atas permukaan tangkai.

4. Gunakan teknik pemangkasan ini saat memotong batang untuk memperbaiki tampilan mawar dan membuang bunga yang layu.

Untuk perawatan semak mawar, asah alat pemangkas secara berkala.

5. Bersihkan permukaan logam setelah digunakan dengan kain lap lembut yang diolesi sedikit minyak untuk mencegah karat. Simpan perkakas di tempat yang kering.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/24/143434720/tips-memangkas-mawar-untuk-jaga-kecantikannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke